Kini Mentok di Cikarang, KRL Bakal Hingga Karawang

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
13 August 2019 18:52
Kini Mentok di Cikarang, KRL Bakal Hingga Karawang
Jakarta, CNBC Indonesia - Wacana perpanjangan rute Kereta Rel Listrik (KRL) hingga Karawang mencuat. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mendapat usulan perpanjangan rute langsung dari Direktur Utama Kereta Commuter Line Indonesia Wiwik Widayanti.

Wiwik menyampaikan usulan itu ketika melakukan perjalanan ke Bekasi dengan Budi Karya menggunakan KRL, dari Stasiun Juanda ke lokasi peresmian Stasiun Metland Telaga Murni, Bekasi.

"Warga Karawang sudah minta terus Pak, supaya KRL sampai sana," kata Wiwik, Selasa (13/8/2019), ketika berbincang di dalam rangkaian KRL.



Budi Karya pun menyambut positif dengan membahas hal ini dalam sambutannya. Sejauh ini, rute KRL ke arah timur baru mencapai Cikarang, Kabupaten Bekasi.

"Nanti Insya Allah (KRL) sampai Karawang," ucap Budi Karya.

Kendati demikian, rencana itu bakal belum akan terealisasi dalam waktu dekat.


Ia mengaku masih perlu melakukan finalisasi fisik rel KRL menuju Karawang ditargetkan dapat selesai pada akhir tahun depan.

"‎(Finalisasi) fisiknya ya akhir tahun depan lah, pakai double track. Kalau Double-Double Track (DDT) cuma sampai Cikarang," urainya.



Hal senada diungkapkan Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, Zulfikri. Dia mengaku, tahun ini pihaknya masih fokus pada proyek DDT di Stasiun Cikarang.

"Yang masih kita inikan DDT sampai Cikarang, kita bikin dulu‎. Karawang nanti setelahnya kita evaluasi," pungkas Zulfikri. (hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading