Di Zaman Jokowi Tol Pertama di Kalimantan Bakal Beroperasi

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
13 August 2019 06:29
Di Zaman Jokowi Tol Pertama di Kalimantan Bakal Beroperasi
Jakarta, CNBC Indonesia - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PU dan Perumahan Rakyat memastikan sebanyak sembilan ruas jalan tol dengan panjang keseluruhan sekitar 406,14 Km secara bertahap siap diresmikan hingga akhir tahun 2019.

Sembilan ruas itu itu antara lain: Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) seksi 2 ruas Raya Bogor-Kukusan (5,5 km), Tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung sepanjang 189 Km, Tol Tol Manado-Bitung seksi 1-2A ruas Manado-Danowudu (22,5 km), Tol Kunciran-Serpong (11,14 km).

Selain itu, ada Tol Pandaan-Malang seksi 4 Singosari-Pakis (5,1 km), Tol Kayu Agung-Palembang-Betung seksi 1 ruas Kayu Agung-Jakabaring (33,5 km), Tol Pekanbaru-Dumai seksi 1-2 ruas Pekanbaru-Petapahan (33,6 km), Tol Jakarta-Cikampek II (Japek 2) (36,4 km), dan  Jalan Tol Balikpapan-Samarinda seksi 2-4 ruas Samboja-Samarinda (66,4 km).



Dari sembilan ruas itu, ruas terakhir cukup menarik untuk diulas. Tol Balikpapan-Samarinda bila beroperasi nanti maka jadi sejarah baru bagi Kalimantan. Untuk kali pertama di daratan Borneo, hadir sarana jalan tol untuk kali pertama.

Jalan tol tersebut saat ini sudah dalam tahap penyelesaian dengan progres konstruksi 96,71%, direncanakan siap diresmikan di bulan Oktober 2019.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada akhir Maret lalu sempat berjanji pembangunan Tol Samarinda-Balikpapan akan selesai akhir 2019.
"Jalan tol Balikpapan - Samarinda tinggal 20% akan kita selesaikan akhir tahun ini Insya Allah," tutur Jokowi pada Maret lalu.

Jalan tol ini memiliki panjang 99 kilometer dan terdiri dari lima seksi, pembangunannya sudah dimulai pada 2010. Masalah pengerjaan yang lamban karena proyek tersebut tak lepas dari masalah pendanaan dan harga lahan sekitar yang terlampau mahal. Meski sempat terhenti di 2012, namun pada November 2015 proyek kembali dilanjutkan.

Jokowi mengatakan keberadaan tol pertama di Kalimantan itu akan memangkas jarak tempuh antara Balikpapan - Samarinda yang tadinya tiga jam, menjadi satu jam.

"Jalan Balikpapan - Samarinda biasanya tiga jam. Kalau jalan tol jadi, akan ditempuh maksimal satu jam," kata Jokowi.
(hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading