LRT Jabodebek Uji Coba Oktober, Luhut: Terlambat Setahun

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
05 August 2019 20:19
LRT Jabodetabek ditargetkan diujicoba pada Oktober 2019, sudah telat dari target.
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melapor kepada Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengenai progres LRT Jabodebek. Terbaru, moda transportasi massal itu bakal diuji coba mulai Oktober 2019.

"Saya mengusulkan ke Pak Menko, agar dari Cawang sampai ke ujung Cibubur, kan udah selesai, Oktober ini diuji coba," ungkap Budi Karya di kantor Kemenko Kemaritiman, Senin (5/8/2019).

Budi Karya menyebut, semua sarana juga sudah siap, termasuk sarana uji coba yang dibutuhkan dari PT INKA, saat ini sudah berada di Jakarta. Dikatakan, uji coba bakal berlangsung kurang lebih selama 6 bulan.


"Jadi pada saat nanti Dukuh Atas selesai, kereta-keretanya sudah ready. Karena itu uji cobanya lumayan intensif," katanya. 

Masa uji coba ini lebih padat dibandingkan dengan yang diterapkan pada LRT Palembang. Budi Karya mengatakan, LRT Palembang butuh pengujian selama setahun.



"Jadi kalau 6 bulan sudah kita lakukan, Pak Luhut setuju. Dan nanti akan saya laporkan ke Adhi Karya untuk uji coba. Kalau nggak Oktober, November," tandasnya.


Sementara itu, Luhut juga mengamini rencana uji coba tersebut. Namun, ada sejumlah catatan yang masih harus diperhatikan.

"Uji coba itu, supaya Anda tahu, memang LRT ini terlambat hampir setahun gara-gara pembebasan tanah. Jadi Agustus ini kita berharap semua pembebasan lahan selesai sehingga tidak ada kendala lagi," tegasnya.


(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading