Pengakuan Mendagri: Saya tidak Singgung Gubernur Anies!

News - Redaksi, CNBC Indonesia
23 July 2019 06:22
Pengakuan Mendagri: Saya tidak Singgung Gubernur Anies!
Jakarta, CNBC Indonesia - Rangkaian kunjungan kerja ke luar negeri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menuai pertanyaan dari sejumlah kalangan. Tak terkecuali Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

Ditemui di kawasan Jakarta Convention Center, Jakarta, Senin (22/7/2019), Tjahjo menyinggung kepala daerah yang doyan kunker.

"Ya sebagai contoh Pak Anies. Dia enggak ada wakil, tapi satu tahun berapa kali dia? Hampir sebulan dua, tiga kali. Ada lho gubernur hampir tiap minggu izin ke luar negeri, ada," kata Tjahjo.




Menanggapi sindiran itu, Anies menantang Mendagri untuk membuka daftar pejabat yang ke luar negeri.

"Buat saya nih, dibuat transparan bagus kalau ada aturannya diumumkan saja. Gubernur siapa yang pergi ke mana berapa lama urusan apa. Jadi saya malah senang kalau itu diatur dan dibuka," kata Anies di Gedung DPRD.

Anies pun membeberkan hasil kunjungannya selama kurang lebih 10 hari di luar negeri.

"Saya Alhamdullilah setiap kali pergi justru untuk mengundang orang untuk datang ke Indonesia. Mengajak orang untuk kegiatan di Indonesia termasuk untuk membawa Formula E bermain di sini. Nah itu harus dikerjakan dengan pergi ke luar negeri," kata Anies.

"Kalau saat ini orang tidak tahu, pergi ke luar negeri itu apa jalan-jalan, studi banding, atau berbicara. Kalau saya pergi saya pasti berbicara pasti kegiatan resmi dengan pemerintah di sana," lanjut mantan mendikbud itu.



Pada malam hari usai polemik timbul, Tjahjo merilis keterangan pers. Dia menegaskan kunjungan kerja Anies sudah terang dan mendapat izin.

"Dan bulan ini Pak Anies Baswedan baru satu kali keluar negeri," kata Tjahjo.

Soal pertanyaan siapa saja kepala daerah/wakil kepala daerah yang ke luar negeri tanpa izin serta berapa kali mereka ke luar negeri, politikus PDIP itu menyebut hal itu sebenarnya bisa dicek di Imigrasi. Pengecekan di Imigrasi, menurutnya, bisa menghindari spekulasi.

Mendagri kembali menegaskan tidak menyinggung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Saya tidak singgung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, malah saya sebut kunjungan kerjanya sudah ada izin. Hal ini saya tegaskan untuk tidak dipelintir pernyataan saya dan ini saya luruskan," sebut Mendagri.

[Gambas:Video CNBC] (miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading