60% Lahan Bebas, Proyek Tol JKT-Cikampek II Selatan Dimulai

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
19 July 2019 11:27
60% Lahan Bebas, Proyek Tol JKT-Cikampek II Selatan Dimulai
Jakarta, CNBC IndonesiaProyek Tol Jakarta Cikampek (Japek) II Selatan mulai memasuki tahap konstruksi. Pembangunan proyek ini dimulai dari Seksi 3 terlebih dahulu, yang menghubungkan Taman Mekar menuju Sadang sepanjang 27,85 kilometer (km).

"Konstruksi sudah dimulai, walaupun masih sangat kecil progresnya. Namun, tetap optimistis bisa selesai di akhir tahun depan," ungkap Direktur Utama Jasa Marga, Desi Arryani, melalui keterangan tertulis yang dikutip CNBC Indonesia pada Jumat (19/7/2019).

Tol Japek II Selatan direncanakan bakal memiliki panjang total 62 km. Selain Seksi 3 yang mulai masuk tahap konstruksi, juga terdapat seksi 1 mulai dari Jati Asih menuju Setu sepanjang 9,3 km, serta Seksi 2 dari Setu menuju ke Taman Mekar sepanjang 24,85 km.



Khusus Seksi 3, pembebasan lahan sudah mencapai 60%. "Progres tanah bagus, sudah mencapai 60%. Diharapkan, tahun ini progres tanah selesai 100%," imbuh Desi.

PT Jasamarga Japek Selatan (JJS) selaku pemegang konsesi operasional tol ini terus mengebut pembebasan lahan. Direktur Utama PT JJS, Dedi Krisnariawan Sunoto, menjelaskan percepatan pembebasan lahan dilakukan melalui identifikasi permasalahan pengadaan tanah di lapangan.

Di sisi lain, pihaknya juga terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait. Ini semua untuk meminimalisir kendala agar pembangunan fisik dapat segera dilaksanakan.

"Saat ini, tanah milik instansi pemerintah sudah kita peroleh izinnya dan sudah dimulai pekerjaan fisiknya," beber Dedi.

Kehadiran Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan dapat memangkas waktu tempuh perjalanan dari Jakarta menuju Cikampek dari sisi selatan. Selain itu, jalan tol Jakarta-Cikampek II Selatan juga terhubung dengan JORR II dan Jalan Tol Cipularang. (wed/wed)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading