Trump Tunjuk Dubes Baru AS untuk RI, Siapa Dia?

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
12 July 2019 14:10
Trump Tunjuk Dubes Baru AS untuk RI, Siapa Dia?
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump telah menunjuk seorang diplomat untuk menjadi duta besar AS untuk Indonesia yang baru. Ia adalah Sung Yong Kim, yang saat ini menjabat sebagai duta besar AS untuk Filipina.

Apabila disetujui Senat AS, Sung Yong Kim akan menggantikan Joseph R. Donovan Jr, Dubes AS untuk Indonesia saat ini. Donovan sebelumnya dipilih oleh mantan presiden AS Barrack Obama.

Mengutip South China Morning Post, Sung Yong Kim pernah membantu mengatur pertemuan bersejarah antara Trump dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un di Singapura tahun lalu. Ia juga telah memimpin tim AS dalam menegosiasikan program senjata nuklir dengan Korea Utara.

Gedung Putih, dalam sebuah pernyataan pada Rabu (10/7/2019), mengatakan Sung Yong Kim sebelumnya pernah juga menjabat sebagai Dubes AS untuk Korea Selatan, Jepang, dan Malaysia.

Trump Tunjuk Dubes Baru AS untuk RI, Siapa Dia?Foto: Sung Yong Kim (REUTERS/Kim Kyung-Hoon)


Tahun ini Indonesia dan AS akan merayakan hubungan diplomasi yang ke-70. Dalam beberapa tahun terakhir, hubungan kedua negara meningkat dalam hal penanganan terorisme, masalah keamanan maritim, dan mengendalikan pengaruh China yang terus meningkat di wilayah tersebut.

Namun, Indonesia juga berupaya menjalin hubungan yang baik dengan China, yang saat ini terlibat perang dagang sengit dengan AS. Hal itu merupakan tantangan mengingat kedua negara dengan ekonomi terbesar dunia itu merupakan mitra dagang dan salah satu investor terbesar Indonesia. Pada 2017, nilai perdagangan Indonesia dengan China mencapai US$ 58,85 miliar dibandingkan dengan AS yang hanya US$ 27 miliar.


[Gambas:Video CNBC]






(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading