Pak Jokowi, Kapan Mau Ganti Mobil Dinas?

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
05 July 2019 09:13
Mobil Mercedes-Benz S600 Guard dalam 5 tahun terakhir selalu setia menemani Presiden Joko Widodo.
Jakarta, CNBC Indonesia - Mobil Mercedes-Benz S600 Guard dalam 5 tahun terakhir selalu setia menemani Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sedan tersebut hampir selalu mengikuti ke manapun Kepala Negara bepergian.

Namun, harus diakui kondisi mobil sedan tersebut sudah tidak seoptimal dulu. Berdasarkan catatan CNBC Indonesia, rekam jejak mobil asal Jerman itu memang kerap kali mogok di tengah jalan.

Contohnya, saat Kepala Negara melakukan kunjungan kerja ke Kalimantan Barat, serta Pondok Pesantren Gontor, Ponorogo, Jawa Timur. Itu hanya salah satu dari beberapa masalah yang pernah menimpa mobil tersebut.

Maklum saja, mobil yang ditunggai Jokowi selama ini merupakan warisan dari pendahulunya Susilo Bambang Yudhyono (SBY).

Lantas, apakah mobil dinas kepresidenan Jokowi akan diganti pada periode kedua?


Kepala Biro Umum Sekretariat Negara Piping Supriatna saat berbincang dengan CNBC Indonesia tak memungkiri, mobil dinas kepresidenan harus dilakukan peremajaan agar keamanan kepala negara tetap terjaga.

"Sebaiknya diganti, karena sudah cukup tua dan beberapa kali masalah," kata Piping.

Saat ini, dua produsen mobil mewah Mercedes-Benz dan BMW telah mengajukan diri untuk mengikuti tender mobil dinas kepresidenan untuk periode 2019 - 2024.

Foto: Infografis/Penantang Mobil RI-1, BMW seri 7 High Security, Anti Peluru?/Arie Pratama

Kedua pabrikan tersebut menawarkan produk berkualitas tingkat dewa dan kenyamanan ekstra untuk dilirik kepala negara menjadi mobil dinasnya dalam 5 tahun ke depan.

Adapun Mercedes-Benz menawarkan sedan S-600 keluaran terbaru, sementara BMW telah menyodorkan Seri 7 terbarunya. Keduanya, telah mengajukan proposal untuk mengikuti tender.

Di Indonesia nama besar mobil premium memang masih terbatas. Selain mobil Eropa macam Mercy, BMW, Audi dan sebagainya, mobil Jepang juga memang punya macam Lexus, sebagai brand adiluhung dari Toyota.


Lantas, bagaimana dengan nama lokal yang selama ini jadi buah bibir, macam mobil Esemka?

Pertanyaan di atas masih cukup relevan, jika seandainya Istana juga mencoba memberikan tawaran kepada produsen Esemka. Ini karena diam-diam Esemka punya kendaraan yang spesifikasinya disiapkan untuk kendaraan presiden.


Meski demikian, Kementerian Sekretariat Negara masih enggan berkomentar lebih jauh terkait hal tersebut. "Mohon maaf, nanti info resminya akan kita infokan," kata Piping.

Dalam laporan CNN Indonesia (1/4/2019), Pindad, BUMN strategis pembuat senjata dan kendaraan tempur, mengonfirmasi pernah diajak bekerjasama dengan Esemka untuk menggarap mobil dinas Jokowi. Spesifikasi mobil itu berteknologi listrik murni.

Saat itu, Direktur Utama Pindad Abraham Mose mengungkap sudah ada pembicaraan terkait mobil dinas Jokowi dengan Esemka. Desain mobil yang kemungkinan akan dipakai Jokowi sehari-hari itu disebut sudah dibuat.

Abraham menjelaskan desain belum sampai ke tahap prototipe, tapi proyek sempat tertunda.

Akhir tahun lalu, prototipe mobil dinas berbasis SUV Esemka Garuda 1 kabarnya telah selesai dikerjakan.

Namun, bila benar, tentu jadi kesempatan bagi pihak Istana memberi ruang bagi Esemka bisa terangkat, persis yang pernah dilakukan Jokowi saat menjadi Wali Kota Solo 2010 lalu, yang memakai Esemka sebagai mobil dinas.
(tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading