Rapor 5 Tahun Kabinet Jokowi

Investasi Anjlok, Apakah Salah BKPM?

News - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
04 July 2019 12:51
Menjadikan Indonesia sebagai negara tujuan investasi adalah salah satu ambisi Presiden Jokowi. Apakah BKPM berhasil mewujudkannya?
Apakah faktor-faktor yang membuat FDI melambat itu salah BKPM? Well, sepertinya tidak juga. Sebab BKPM ibarat salesman, memasarkan dan menjamin konsumen puas terhadap barang yang dibelinya. 

Apa yang bisa dilakukan BKPM adalah memastikan proses perizinan investasi cepat, tepat, terukur, mudah, dan yang enak-enak lainnya. Ini pun harus berkoordinasi dengan berbagai kementerian/lembaga dan daerah. BKPM harus menjadi 'mandor' yang tegas, jangan sampai kementerian/lembaga atau daerah justru menghambat masuknya investasi. 

Selain itu, BKPM juga harus lebih giat 'memasarkan' Indonesia ke pasar dunia. Promosi investasi ini bisa memanfaatkan bantuan para duta besar Indonesia di seluruh negara. 


Kalau dua hal ini sudah dilakukan, tinggal berdoa situasi makroekonomi, stabilitas keamanan, dan kepastian hukum terjamin. Sebab walau BKPM sudah kerja keras menjaga minat investor dan 'memasarkan' Indonesia, kalau kondisi makroekonomi tidak kondusif ya sama saja bohong...

TIM RISET CNBC INDONESIA


(aji/aji)
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading