Jokowi 2 Periode, Setneg Pertimbangkan Ganti Mobil Dinas RI-1

News - Redaksi, CNBC Indonesia
04 July 2019 11:46
Setneg mempertimbangkan mengganti mobil dinas Jokowi karena kondisinya sudah tua dan sering bermasalah.
Jakarta, CNBC Indonesia - Pihak Kementerian Sekretariat Negara (Setneg) mengakui kondisi mobil Mercedes-Benz S600 Guard yang kini jadi kendaraan RI-1 tunggangan Presiden Jokowi dan termasuk Wapres Jusuf Kalla (JK) sudah tua dan sering bermasalah.

Kondisi ini membuat pihak Setneg mempertimbangkan menggantinya dengan kendaraan baru untuk masa tugas presiden dan wakil presiden 2019-2024. Pihak Mercedes-Benz dan BMW mengakui sudah mengajukan penawaran ke Setneg. BMW menawarkan 7 Security Vehicle F02 dan Mercy punya line up lain selain S600.



"Ada pertimbangan karena kondisinya sudah cukup tua dan sering bermasalah," kata Kepala Biro Umum Kementerian Sekretariat Negara Piping Supriatna deperti dikutip dari detikcom.


Mobil yang dipakai oleh Jokowi dan JK merupakan warisan dari periode presiden Susilo Bambang Yudhoyono sejak tahun 2008 yang dibeli pada tahun 2007.
Mobil tersebut bahkan pernah kedapatan mogok saat Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Kalimantan Barat 2017 lalu. Saat itu mobil disebut mengalami masalah pada pengaturan gas. Sedan premium itu juga pernah mogok saat Jokowi melakukan kunjungan ke Pondok Pesantren Gontor, Ponorogo.



Soal jumlah pengadaan mobil kepresidenan Johnny Darmawan, mantan Presiden Direktur Toyota Astra Motor (TAM) periode 2002-2014 pernah punya pengalaman ditawari pihak istana untuk pengadaan mobil presiden. Ia bilang produsen harus menyiapkan sedikitnya enam unit, untuk presiden dan wakil presiden. Masing-masing presiden dan wapres punya 3 mobil kepresidenan plus cadangannya.

"Setahu saya, dulu tiga-tiga masing-masing, ada cadangannya," kata Johnny.
(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading