Buka Pintu Negosiasi, Trump: Let's Make Iran Great Again!

News - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
24 June 2019 14:20
Buka Pintu Negosiasi, Trump: Let's Make Iran Great Again!
Jakarta, CNBC Indonesia - Meski sempat mengecam Iran bahkan hampir menyerang negara Islam itu, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump rupanya bersedia membuka pintu negosiasi.

Ia memberi sinyal tersebut saat berbicara kepada wartawan, Sabtu (22/6/2019), akhir pekan lalu.


"Kita bisa saja dengan cepat membuat kesepakatan dengan mereka jika mereka menginginkannya, terserah saja," ujar mantan taipan properti itu.


"Namun, jika Iran ingin menjadi negara yang sejahtera lagi, menjadi negara yang makmur, kami akan mewujudkannya, let's make Iran great again," tambahnya, mengutip slogan kampanyenya "Make America Great Again".

Dalam wawancaranya dengan NBC, sang presiden mengatakan kesediaannya untuk bernegosiasi dengan Iran itu tanpa syarat apapun.

Buka Pintu Negosiasi, Trump: Let's Make Iran Great Again!Foto: Presiden AS Donald Trump (REUTERS/Carlos Barria)

"Sejauh yang saya tahu, tidak ada syarat," jawab Trump. Ia menegaskan kembali bahwa pemerintahannya ingin Iran membahas program nuklirnya, dilansir dari CNBC International.

Ketegangan antara AS dan Iran meninggi beberapa hari terakhir setelah Teheran menembak jatuh drone pengintai milik militer AS, Kamis pekan lalu.

Iran mengatakan drone itu terbang diam-diam di atas wilayah udaranya meskipun AS membantah keterangan itu dan mengatakan pesawat tak berawaknya sedang terbang di wilayah udara internasional ketika ditembak.



Sebelumnya, dua kapal tanker diserang di Selat Hormuz, jalur pengiriman minyak yang sibuk di Timur Tengah. AS menuduh Iran melakukan serangan itu namun segera dibantah oleh Teheran.

Hubungan kedua negara menjadi panas setelah tahun lalu Trump menerapkan kembali sanksi ekonominya terhadap Iran pasca-penarikan diri AS dari perjanjian nuklir internasional dengan Republik Islam itu.

Pernyataan Trump hari Sabtu itu ditegaskan kembali oleh Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo dalam kesempatan terpisah.

"Kami bersiap untuk berunding tanpa syarat," ujarnya kepada wartawan, Minggu (23/6/2019).



"Saya yakin bahwa saat ini mereka siap untuk berhubungan dengan kami, kami akan dapat memulai pembicaraan," lanjutnya.

Trump pada hari Sabtu juga mengatakan AS akan menjatuhkan sanksi tambahan bagi Iran pada Senin ini. Namun, Iran menyebut ancaman itu hanyalah propaganda.

"Semua sanksi... telah dikenakan dan tidak ada lagi sanksi yang tersisa," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Abbas Mousavi, menurut kantor berita pemerintah IRIB.


Saksikan video pernyataan Trump soal sanksi Iran berikut ini.

[Gambas:Video CNBC]

(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading