Top! Start-up Milik Telkom IPO di Bursa Australia

News - Monica Wareza, CNBC Indonesia
20 June 2019 08:53
Top! Start-up Milik Telkom IPO di Bursa Australia
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) mendivestasikan kepemilikannya dari perusahaan rintisan (start-up) miliknya melalui mekanisme penawaran saham perdana (initial public offering/IPO) di bursa saham Australia. Perusahaan yang dimaksud adalah Whispir, start-up asal Australia yang dimilikinya secara tidak langsung.

Direktur Strategic Portfolio Telkom Indonesia Achmad Sugiarto mengatakan Whispir menjadi start-up kedua yang diinvestasikan Telkom dan berhasil melakukan IPO.

"IPO Whispir menunjukkan bahwa langkah Telkom dalam melakukan investasi bisnis digital melalui corporate venture capital MDI Ventures sudah sejalan dengan strategi perusahaan saat ini. Hal ini dapat memberikan beragam valuasi dan sinergi bagi Telkom Group. Ke depannya diharapkan MDI Ventures akan melakukan investasi lain yang memberikan value yang lebih besar bagi Telkom dan ekosistem BUMN," kata Achmad dalam siaran persnya, dikutip CNBC Indonesia Kamis (20/6/2019).


Whispir merupakan start-up asal Australia yang bergerak dalam pengembangan platform teknologi automasi dan cloud (komputasi awan) untuk layanan komunikasi di lingkungan kerja.

Start-up tersebut juga menerapkan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligent), perangkat IoT (internet of things), dan analisis data dalam pengembangan produknya.

Investasi ini dilakukan Telkom melalui MDI Ventures, dengan tujuan untuk mendukung pengembangan bisnis digital Telkom ke depan. Whispir juga telah bersinergi dengan anak usaha Telkom lainnya, Telkomtelstra.

Adapun MDI Ventures saat ini memiliki 33 portofolio investasi yang tersebar di 10 negara. Latar belakang dibentuknya modal ventura ini adalah untuk mengembangkan bisnis digitalnya.




(tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading