61 Tewas dan 356 Ribu Warga Mengungsi Akibat Banjir di China

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
14 June 2019 20:18
61 Tewas dan 356 Ribu Warga Mengungsi Akibat Banjir di China
Jakarta, CNBC Indonesia- Basarnas China menyebut setidaknya tercatat 61 orang tewas dan 356 ribu warga mengungsi akibat banjir besar yang melanda sebagian besar China selatan dan tengah pada pekan ini.

Dalam pemberitahuan yang diterbitkan Kamis malam (13/6/2019), Kementerian Manajemen Darurat China mengatakan bahwa 9.300 rumah hancur dan 3,71 juta hektar lahan pertanian rusak akibat banjir, dengan kerugian ekonomi langsung saat ini diperkirakan mencapai 13,35 miliar yuan.

61 Tewas dan 356 Ribu Warga Mengungsi Akibat Banjir di China Foto: Banjir di China (REUTERS/Stringer)





Mengutip Strait Times, lebih dari 4.300 orang telah diamankan dari banjir yang telah menerjang beberapa daerah yang membentang dari provinsi Guangdong di tenggara China hingga ke Chongqing di hulu Sungai Yangtze.

Selama musim panas, China secara rutin mengalami kekeringan di ujung utara dan banjir di selatan. Kementerian yang khusus menangani bencana dan darurat telah memperingatkan bahwa wilayah utara menghadapi tingkat curah hujan yang bahkan lebih rendah tahun ini, sementara hujan lebat diperkirakan akan meningkatkan risiko banjir di hulu Sungai Kuning. (gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading