Wiranto Pastikan TNI/Polri Jaga Keamanan Selama Sidang MK

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
14 June 2019 09:16
Wiranto Pastikan TNI/Polri Jaga Keamanan Selama Sidang MK
Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah memastikan akan menjamin seluruh aparat keamanan akan menjaga keamanan dan berbagai kemungkinan yang terjadi pada saat sidang gugatan hasil Pemilu 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK), Jumat (14/6/2019).

Hal tersebut dikemukakan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto seperti dikutip dari laman Sekretariat Kabinet. Wiranto memastikan aparat keamanan akan memberikan rasa aman bagi masyarakat.

"Aparat keamanan selalu waspada menjaga keamanan dan kemungkinan yang terjadi. Sudah diantisipasi, supaya masyarakat tenang baik di Ibu Kota maupun daerah-daerah yang kita anggap kritis," kata Wiranto.

Wiranto secara terbuka bahkan menyampaikan apresiasi kepada calon presiden nomor 02 Prabowo Subianto yang mengajak para pendukungnya untuk menghormati keputusan MK apapun hasil yang akan diterima.


"Beliau [Prabowo] memohon kepada para pendukungnya untuk tidak berbondong-bondong ke Mahkamah Konstitusi. Beliau minta supaya proses hukum berjalan dengan baik tanpa diganggu dengan gerakan-gerakan massa, ini saya kira sesuatu yang sangat bagus sekali,' katanya.

"Saya yakin bahwa kalau itu dipatuhi, ditaati, tentu suhu politik menjadi dingin kembali, keamanan menjadi terjaga dan saya kira itu merupakan suatu kondisi yang sangat kondusif untuk kita melanjutkan pembangunan setelah kita harus melaksanakan suatu pemilu yang memang sangat kompleks, sangat besar," pungkasnya.

Wiranto mengingatkan, bahwa persoalan hukum dalam beberapa waktu terakhir cukup dominan. Pasalnya, banyak ada kejadian yang diduga sebagai pelanggaran hukum pasca pagelaran Pemilu 2019.

Foto: Keamanan MK Jelang Sidang Perdana (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)


(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading