Puncak Arus Balik Lebaran, Konsumsi Avtur Naik 11,9%

News - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
09 June 2019 - 10:17
Puncak Arus Balik Lebaran, Konsumsi Avtur Naik 11,9% Foto: Muhammad Sabki
Jakarta, CNBC Indonesia - Konsumsi avtur, bahan bakar pesawat terbang, naik 11,9% pada puncak arus balik mudik 2019. Puncak arus balik terjadi pada Sabtu (8/6/2019) dan diperkirakan berlanjut pada Minggu (9/6/2019).

Permintaan avtur yang melonjak dari konsumsi normal ini terjadi pada Sabtu kemarin. Kenaikan konsumsi terutama terjadi di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang dan Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta.



Unit Manager Communication Relations & CSR PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) III Dewi Sri Utami mengungkapkan pada puncak arus balik, di Bandara Soekarno-Hatta konsumsi Avtur naik 12,6% dibandingkan rata-rata konsumsi harian pada kondisi normal.


Hal yang sama juga terjadi di Bandara Halim Perdana Kusuma naik sekitar 11,8%. Sementara di Bandara Husein Sastranegara di Bandung, Pondok Cabe di Tangerang, dan Bandar Udara Internasional Kertajati di Majalengka konsumsi cenderung turun.

"Naiknya konsumsi avtur dipicu oleh frekuensi pesawat terbang yang menjadi salah satu pilihan pemudik. Kami tetap menyiagakan pasokan karena hari ini arus balik masih terjadi, mengingat besok pagi masyarakat sudah kembali beraktivitas setelah cuti bersama Idul Fitri," kata Dewi dikutip dari keterangan resminya, Minggu (9/6/2019).

Puncak Arus Balik Lebaran, Konsumsi Avtur Naik 11,9%Foto: Suasana Bandara Soekarno-Hatta h-1 lebaran (CNBC Indonesia/Monica Wareza)

Tak hanya permintaan avtur yang melonjak, permintaan bahan bakar minyak juga melonjak. Tim Posko Nasional Sektor ESDM mencatat hingga H-3 Idul Fitri 1440 H konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) secara umum untuk jenis Pertamax/Akra 92 naik 35,03% dan Pertamax Turbo naik 70,99% dibanding rataan normal.

"Kenaikan Pertamax Turbo lebih dari 70%. Ini menunjukkan masyarakat cenderung memilih BBM dengan kualitas tinggi untuk kegiatan mudik kali ini," ujar Kepala Biro Komunikasi Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agung Pribadi ketika itu.



Sampai pada H-3 Idul Fitri, tim posko nasional sektor ESDM melaporkan realisasi penyaluran dibandingkan rerata konsumsi normal untuk BBM jenis Premium yang tercatat naik 23,74%, Pertalite naik 16,95%, Pertamax/Akra 92 naik 35,03% dan Pertamax Turbo naik 70,99%. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading