Bom Meledak di Kartasura Solo, Ini Profil Sang Bomber

News - Donald Banjarnahor, CNBC Indonesia
04 June 2019 - 13:35
Bom Meledak di Kartasura Solo, Ini Profil Sang Bomber
Jakarta, CNBC Indonesia- Sebuah bom diledakkan di depan Pos Polisi Simpang Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah pada Senin (4/6/2019) malam.

Terduga bomber diketahui bernama Rofik Asharuddin yang meledakkan bom pada pukul 22.30 WIB. Inilah informasi mengenai bomber yang CNBC Indonesia kumpulkan dari berbagai sumber, termasuk detikcom.


1. Lulusan MAN dan Berjualan Gorengan
Haryono, tetangga dari Rofik, mengatakan terduga pelaku adalah lulusan dari MAN 2 Surakarta yang berada Jalan Slamet Riyadi, Sriwedari.


"Dulu sekolahnya di MAN 2 Surakarta. Lulus didaftarkan di IAIN Surakarta tapi tidak mau kuliah, akhirnya nganggur cuma bantu-bantu teman jual gorengan," kata dia.



2. Sosok yang Tenang
Rofik merupakan warga Kragan RT 01 RW 02, Wirogunan, Kartasura, Sukoharjo. Warga sekitar mengaku kaget mendengar kabar Rofik menjadi bomber.

Menurut Haryono, sosok pria kelahiran 1997 itu bukanlah anak nakal. Menurutnya, Rofik cenderung pendiam.

"Kaget, orangnya kan anteng. Kalau main sama anak-anak kecil di sini, cari burung pakai tulup. Tidak menyangka saja," ujarnya.


3. Terpapar Paham ISIS
Polisi memastikan ledakan di dekat Pos Polisi Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah, adalah upaya bom bunuh diri. Pelaku, Rofik, disebut terpapar paham Islamic State of Iraq and Syria (ISIS).

"Dari hasil pemeriksaan pelaku ini adalah suicide bomber. Yang bersangkutan secara individu terpapar paham ISIS, sedang didalami," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (4/6/2019).




4. Polisi Temukan Barang Aneh
Polisi menggeledah rumah terduga pelaku peledakan pos polisi Kartasura, Sukoharjo sejak dini hari tadi. Beberapa barang yang diduga bahan peledak ditemukan di rumah terduga.

Hal itu dikatakan oleh Kades Wirogunan, Marjono, yang ikut menyaksikan penggeledahan di rumah orang tua RA di Kranggan RT 01 RW 02, Wirogunan, Kartasura, Sukoharjo.

"Ada serbuk belerang, areng, serbuk putih sedikit, sama tempat untuk ngaduk," kata Kades Wirogunan, Marjono ditemui di sekitar rumah RA, Selasa (4/6/2019).

Selain itu ada saklar, kabel, baterai ponsel dan benda yang terbuat alumunium sebesar jari tangan. Menurutnya tidak ada senjata yang ditemukan di rumahnya.

(dob/prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading