Trump Serang Meksiko, Ini Pernyataan Lengkap Gedung Putih

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
31 May 2019 11:43
Trump Serang Meksiko, Ini Pernyataan Lengkap Gedung Putih
Jakarta, CNBC Indonesia - Amerika Serikat (AS) akan mengenakan tarif impor 5% untuk semua produk Meksiko mulai 10 Juni. Bea masuk itu akan terus naik hingga 25% hingga beberapa bulan mendatang jika Meksiko tidak mengambil tindakan untuk "mengurangi atau menghapuskan jumlah imigran ilegal" yang masuk ke AS, kata Gedung Putih, Kamis (30/5/2019).

Ancaman itu dikeluarkan meskipun Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer pada hari Kamis mengirimkan surat kepada pimpinan kongres untuk memulai proses menyetujui pembaruan Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA).



Meksiko adalah importir barang terbesar kedua ke Amerika Serikat pada tahun 2018, menurut Kantor Perwakilan Dagang AS (USTR), mengutip CNBC International.


Amerika Serikat mengimpor US$346,5 miliar barang dari Meksiko pada tahun 2018, meningkat 10,3% dari tahun sebelumnya, menurut USTR. Total pada 2018, nilai itu menyumbang 13,6% dari keseluruhan impor AS tahun itu.

Berikut adalah pernyataan lengkap Gedung Putih.

Trump Serang Meksiko, Ini Pernyataan Lengkap Gedung PutihFoto: Presiden AS Donald Trump (REUTERS/Carlos Barria)


Pernyataan dari Presiden tentang Tindakan Darurat untuk Mengatasi Krisis Perbatasan.

Seperti semua orang tahu, Amerika Serikat telah diserbu oleh ratusan ribu orang yang datang melalui Meksiko dan memasuki negara kita secara ilegal. Masuknya warga asing ilegal secara terus-menerus ini memiliki konsekuensi besar pada setiap aspek kehidupan nasional kita - membanjiri sekolah-sekolah kita, membuat rumah sakit kita penuh sesak, menguras sistem kesejahteraan kita, dan menyebabkan sejumlah besar kejahatan.

Anggota geng, penyelundup, pedagang manusia, dan obat-obatan terlarang dan narkotika dari segala jenis mengalir di Perbatasan Selatan dan langsung ke komunitas kita. Ribuan nyawa tak berdosa melayang setiap tahun sebagai akibat dari kekacauan tanpa hukum ini. Itu harus berakhir SEKARANG!

Kerja sama pasif Meksiko dalam memungkinkan serangan massal ini terjadi merupakan ancaman darurat dan luar biasa bagi keamanan nasional dan ekonomi Amerika Serikat. Meksiko memiliki undang-undang imigrasi yang sangat kuat dan dapat dengan mudah menghentikan aliran ilegal para migran, termasuk dengan mengembalikan mereka ke negara asal mereka. Selain itu, Meksiko dapat dengan cepat dan mudah menghentikan warga asing ilegal untuk datang melalui perbatasan selatan dengan Guatemala.

Selama beberapa dekade, Amerika Serikat telah menghadapi konsekuensi parah dan berbahaya dari imigrasi ilegal. Sedihnya, Meksiko telah membiarkan situasi ini berlangsung selama bertahun-tahun, semakin buruk dengan berlalunya waktu.



Dari sudut pandang keselamatan, keamanan nasional, militer, ekonomi, dan kemanusiaan, kita tidak dapat membiarkan bencana besar ini berlanjut. Keadaan saat ini sangat tidak adil bagi pembayar pajak Amerika, yang menanggung biaya keuangan luar biasa yang diakibatkan oleh migrasi ilegal dalam skala besar.

Lebih buruk lagi adalah hilangnya nyawa manusia yang mengerikan dan dapat dicegah. Beberapa geng yang paling mematikan dan ganas di planet ini beroperasi tepat di seberang perbatasan kita dan meneror komunitas yang tidak bersalah.

Meksiko harus meningkatkan dan membantu menyelesaikan masalah ini. Kami menyambut orang yang datang ke Amerika Serikat secara legal, tetapi kami tidak dapat membiarkan hukum kami dilanggar dan perbatasan kami dilanggar. Selama bertahun-tahun, Meksiko tidak memperlakukan kami dengan adil - tetapi kami sekarang menegaskan hak-hak kami sebagai Bangsa yang berdaulat.

Untuk mengatasi keadaan darurat di Perbatasan Selatan, saya meminta wewenang yang diberikan kepada saya oleh Undang-Undang Kekuatan Ekonomi Darurat Internasional. Karenanya, mulai 10 Juni 2019, Amerika Serikat akan mengenakan Tarif 5% untuk semua barang yang diimpor dari Meksiko.

Jika krisis migrasi ilegal dikurangi melalui tindakan efektif yang dilakukan oleh Meksiko, yang akan ditentukan dalam kebijakan dan penilaian kami sendiri, Tarif akan dihapus.

Namun, jika krisis masih berlanjut, Tarif akan dinaikkan menjadi 10% pada 1 Juli 2019. Demikian pula, jika Meksiko masih belum mengambil tindakan untuk secara dramatis mengurangi atau menghilangkan jumlah alien ilegal yang melintasi wilayahnya masuk ke Amerika Serikat, Tarif akan dinaikkan menjadi 15% pada tanggal 1 Agustus 2019, menjadi 20% pada tanggal 1 September 2019, dan menjadi 25% pada tanggal 1 Oktober 2019.

Tarif akan berlaku secara permanen pada besaran 25% kecuali dan sampai Meksiko secara substansial menghentikan arus masuk alien ilegal yang datang melalui wilayahnya.



Pekerja yang datang ke negara kami melalui proses penerimaan resmi, termasuk mereka yang bekerja di pertanian, peternakan, dan di bisnis lain, akan diizinkan untuk masuk dengan mudah.

Jika Meksiko gagal bertindak, Tarif akan tetap di level tinggi, dan perusahaan yang berlokasi di Meksiko mungkin mulai pindah kembali ke Amerika Serikat untuk membuat produk dan barang mereka. Perusahaan yang pindah ke Amerika Serikat tidak akan membayar Tarif atau terpengaruh dengan cara apa pun.

Selama bertahun-tahun, Meksiko telah menghasilkan banyak uang dalam berurusan dengan Amerika Serikat, dan ini termasuk sejumlah besar pekerjaan yang meninggalkan negara kita.

Jika Meksiko memilih untuk tidak bekerja sama dalam mengurangi migrasi yang melanggar hukum, pengenaan tarif yang berkelanjutan akan menyebabkan kembalinya secara besar-besaran pekerjaan ke kota-kota di Amerika. Ingat, negara kita yang hebat telah menjadi "celengan" yang darinya semua negara ingin MENGAMBIL (keuntungan). Perbedaannya adalah bahwa sekarang kita dengan tegas dan kuat membela kepentingan Amerika.

Kami memiliki keyakinan bahwa Meksiko dapat dan akan bertindak cepat untuk membantu Amerika Serikat menghentikan masalah jangka panjang, berbahaya, dan sangat tidak adil ini. Amerika Serikat telah sangat baik kepada Meksiko selama bertahun-tahun. Kami sekarang meminta Meksiko segera melakukan bagiannya yang adil untuk menghentikan penggunaan wilayahnya sebagai saluran imigrasi ilegal ke negara kami.

Kartel dan coyote memiliki dampak yang lebih besar dan semakin besar pada sisi Meksiko dari Perbatasan Selatan kita. Ini adalah ancaman mengerikan yang harus disingkirkan dengan tegas. Miliaran dolar diambil, dan banyak nyawa hilang, oleh organisasi kriminal yang kejam dan tanpa ampun ini. Meksiko harus membawa hukum dan ketertiban ke sisi perbatasannya.

Demokrat di Kongres sepenuhnya menyadari situasi yang mengerikan ini, namun menolak untuk membantu dengan cara, bentuk, atau hal apa pun. Ini adalah kelalaian total kewajiban.

Krisis migran adalah malapetaka yang sekarang harus diselesaikan - dan dapat dengan mudah dipecahkan - di Kongres. Undang-undang suaka kita yang cacat, sistem pengadilan, menangkap dan melepaskan, undian visa, migrasi berantai, dan banyak celah lainnya semuanya dapat segera diperbaiki. Ketika itu terjadi, langkah-langkah yang diumumkan hari ini dapat lebih mudah dikurangi atau dihapus.

Amerika Serikat adalah negara besar yang tidak dapat lagi dieksploitasi karena hukum imigrasi yang bodoh dan tidak bertanggung jawab. Demi rakyat kita, dan demi masa depan kita, hukum yang menghebohkan ini harus diubah sekarang.



Pada saat yang sama, Meksiko tidak dapat membiarkan ratusan ribu orang melalui tanahnya dan masuk ke negara kita - melanggar wilayah kedaulatan Amerika Serikat. Jika Meksiko tidak mengambil langkah tegas, maka akan ada hukuman yang signifikan.

Karena itu, kami menantikan, dan menghargai, tindakan cepat dan efektif yang kami harap akan segera dibuat oleh Meksiko.

Sebagai Presiden Amerika Serikat, kewajiban tertinggi saya adalah membela negara dan warganya. Bangsa tanpa batas sama sekali bukan bangsa. Saya tidak akan berdiri dan membiarkan kedaulatan kita tererosi, hukum kita diinjak-injak, atau perbatasan kita tidak dihargai lagi.

(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading