Pemilu 2019

Soal Rusuh 22 Mei, Menperin: Pemilu RI Terkompleks di Dunia

News - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
24 May 2019 22:15
Soal Rusuh 22 Mei, Menperin: Pemilu RI Terkompleks di Dunia
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyebut aksi demonstrasi yang diwarnai kericuhan pada 21-22 Mei tidak akan berdampak pada terganggunya iklim investasi di Indonesia.

Airlangga yang juga menjabat Ketua Umum Partai Golkar itu menyayangkan, pesta demokrasi yang seharusnya bisa berlangsung secara tertib, justru diwarnai aksi anarkis oleh sebagian kelompok massa yang menolak hasil rekapitulasi KPU terkait hasil Pilpres 2019.

"Investasi tidak terganggu, karena kita hidup dalam demokrasi. Tentu kita sayangkan Pemilu sudah berjalan, pemilu yang paling besar dan paling kompleks di dunia, tetap pada akhirnya, menjadi masalah pada saat penghitungan suara," kata Airlangga saat ditemui saat acara Buka Puasa Bersama Kamar Dagang dan Industri Indonesia di Hotel Sultan, Jakarta, Jumat (24/5/2019).


Soal Rusuh 22 Mei, Menperin: Pemilu RI Terkompleks di DuniaFoto: Airlangga Hartarto/Kemenperin


Memang, kata dia, secara temporer adanya kericuhan berdampak pada aktivitas perdagangan di Tanah Abang yang lumpuh pada 21 dan 22 Mei 2019. Namun, kini lanjut Airlangga, situasi sudah kembali kondusif.

"Aktivitas perekonomian terganggu di Jakarta itu sudah pasti dan kami sangat menyayangkan pasar Tanah Abang yang biasa panen pada saat hari raya ini terganggu beberapa saat. Harapan aktivitas perekonomian rakyat bisa kembali," ujarnya.



Ia pun mengapresiasi langkah TNI dan Polri yang berhasil menjaga ketertiban secara profesional. Hal itu juga menimbulkan optimisme pelaku pasar yang terlihat dari kembali menguatnya pasar saham dan nilai tukar Rupiah terhadap dollar AS.

"Hari ini pasar merespons positif. Baik itu pasar modal maupun pasar uang," katanya.

Mengacu data perdagangan hari ini, Indeks Harga Saham Gabungan terpantau menguat 0,40% ke level 6.057,35 poin. Penguatan IHSG berlanjut sejak awal dagang hingga pasar ditutup. Sementara nilai tukar Rupiah, di pasar spot bergerak menguat ke level Rp 14.391 per US$ dari posisi pembukaan perdagangan di level Rp 14.440 per US$.

[Gambas:Video CNBC]



(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading