Kementerian BUMN: Alex Sinaga Tak Minat Jadi Dirut PLN

News - Monica Wareza, CNBC Indonesia
24 May 2019 21:27
Kementerian BUMN: Alex Sinaga Tak Minat Jadi Dirut PLN
Jakarta, CNBC IndonesiaRapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) memutuskan pergantian Direktur Utama (Dirut). Posisi Alex J. Sinaga sebagai Dirut digantikan oleh Ririek Adriansyah, yang sebelumnya menjabat Presiden Direktur PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel), anak usaha Telkom.

Sebelumnya ramai beredar kabar, Alex akan menjadi Direktur Utama PT PLN menggantikan Sofyan Basir. Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata Kementerian BUMN, Edwin Hidayat Abdullah, mengatakan Alex tidak berminat menjadi Dirut perusahaan listrik negara tersebut.

"Kemarin Alex mengatakan belum berminat. Tanya Pak Alex, Pak Alex enggak minat kok," kata Edwin usai RUPS Telkom di Jakarta, Jumat (24/5/2019).




Menurut Edwin, pemerintah memiliki kriteria tersendiri untuk calon Dirut PLN. Kriteria itu adalah harus orang yang memiliki jiwa kepemimpinan yang andal serta integritas yang kuat.

"Dia bisa punya sebagai leader karena PLN sangat strategik dan besar, dia perlu orang dengan leadership yang kuat. Kalau yang lain masalah keuangan, teknis, itu umum. Yang paling penting dia punya soft-skill leadership yang unggul," jelas Edwin.

"Pak Sofyan itu punya leadership yang kuat cuma sayang ada hal-hal yang di luar pemahaman kita. Tapi sepertinya leadership yang kuat dan bisa merangkul semua pihak dan semua orang ikut terjun membangun Indonesia," paparnya.

Saat ini, ujar Edwin, belum ada kandidat calon Dirut PLN yang dipegang oleh Kementerian BUMN. Dia sempat mengatakan, Alex memang merupakan salah satu talenta terbaik di BUMN saat ini.




(wed/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading