Besok, Jual-Beli Tekstil di Pasar Tanah Abang Normal Lagi

News - Fikri Muhammad, CNBC Indonesia
23 May 2019 19:04
Aktivitas perdagangan di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, mulai kembali bergeliat pada Kamis (23/5/2019).
Jakarta, CNBC Indonesia - Aktivitas perdagangan di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, mulai kembali bergeliat pada Kamis (23/5/2019). Dari ribuan pedagang tekstil, sudah ada yang kembali berjualan, selepas kerusuhan yang terjadi Jakarta pada Selasa (21/5/2019) hingga Rabu (22/5/2019).

Ketua Asosiasi Pertekstilan Indonesia Ade Sudrajat menjelaskan, Pasar Tanah Abang masih sepi pembeli atau permintaan tidak banyak terutama untuk pembeli barang tekstil. Ia mengatakan memang tidak ada imbauan dari asosiasi terhadap penetapan tanggal khusus untuk berjualan.

"Karena bagaimana pun korelasinya dengan pembeli. Pembeli juga merasa bahwa Tanah Abang menjadi pusat dari kegiatan demo kemarin atau kerusuhan kemarin. Mereka ini juga was-was, karena kan pembeli itu datangnya dari luar daerah. Sehingga mereka ingin memastikan bahwa keadaan sudah bener-bener aman dan pulih," ucap Ade kepada CNBC Indonesia, Kamis (23/5/2019).


Besok, Jual-Beli Tekstil di Pasar Tanah Abang Normal LagiFoto: Pasar Tanah Abang yang tutup, Kamis (23/5/2019). (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)


Ia berempati kepada para pelapak tekstil (pedagang IKM) yang berada di pinggir jalan karena sudah datang jauh-jauh dari Tasikmalaya, Soreang, dan Cicalengka. Namun, pelanggan sepi dan sampah berserakan sebagai ekses demo. Para pelanggan, menurut Ade, juga sudah ada yang bertanya via telepon pada para pedagang apakah sudah buka lapak dan kondisinya sudah aman.

"Tapi kan telepon ini hanya untuk tanya keadaan, kalau ada barang baru atau motif baru tentukan mereka harus lihat langsung. Tidak mungkin by phone, by phone hanya untuk repeat order atau apa," kata Ade.



Bulan Ramadhan ini adalah masa panen bagi para pedagang tekstil. Sebab, lanjut Ade, mereka bisa medapatkan 4 juta sampai 5 juta per hari.

Lebih lanjut, dia memprediksi bahwa besok aktivitas perdagangan di Tanah Abang sudah kembali normal.

CNBC Indonesia juga telah menghubungi tiga toko tekstil di Tanah Abang guna memastikan aktivitas perdagangan hari ini seperti Metro Jaya Textile, Arjuna Textile, dan Istana Textile. Namun, sampai artikel ini ditulis, belum ada respons.

Besok, Jual-Beli Tekstil di Pasar Tanah Abang Normal LagiFoto: Pasar Tanah Abang yang tutup, Kamis (23/5/2019). (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)
(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading