Boeing 737 Max tak Akan Terbang di RI sampai Tahun Depan

News - Wangi Sinintya Mangkuto, CNBC Indonesia
21 May 2019 - 17:19
Boeing 737 Max tak Akan Terbang di RI sampai Tahun Depan
Jakarta, CNBC Indonesia - Indonesia mengisyaratkan akan menangguhkan Boeing 737 Max hingga tahun depan di tengah upaya perusahaan asal Amerika Serikat (AS) untuk mengakhiri larangan terbang jet tersebut setelah dua kecelakaan fatal terjadi.

Bahkan ketika Federal Aviation Administration (FAA) AS memberi lampu hijau bagi model pesawat itu, Indonesia akan membuat keputusan sendiri setelah meninjau perbaikan yang diusulkan, kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Polana Pramesti dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg di Jakarta, Senin (20/5/2019), dilansir dari The Star.

Pilot di Indonesia akan menjalani pelatihan yang lebih ketat sebelum mereka diizinkan menerbangkan jet itu kembali, katanya. Salah satu kecelakaan fatal yang melibatkan Boeing 737 Max adalah penerbangan Lion Air yang jatuh di Laut Jawa akhir tahun lalu.


Secara keseluruhan, ada "banyak masalah" dan belum jelas apakah pesawat akan dapat terbang kembali di Indonesia tahun ini, katanya.


"Saya tidak bisa memprediksi apakah kita akan tetap bisa menggunakan pesawat itu," katanya.

Komentar tersebut menggarisbawahi seberapa jauh Boeing harus diperbaiki sebelum pesawat terlaris itu kembali mengudara secara global, bahkan ketika Boeing telah menyelesaikan pembaharuan sistem perangkat lunak yang terlibat dalam kedua tabrakan tersebut.

Boeing tidak mengomentari keputusan regulator Indonesia tentang Max, kata seorang juru bicara perusahaan di Singapura. Ia menegaskan kembali bahwa Boeing telah selesai memperbarui perangkat lunak, pengujian simulator terkait, dan penerbangan uji teknik.

Boeing akan bekerja dengan FAA untuk menjadwalkan penerbangan uji sertifikasi dan menyerahkan dokumentasi final.

Boeing 737 Max tak Akan Terbang di RI sampai Tahun DepanFoto: Boeing 737 MAX (REUTERS/Matt Mills McKnight/File Photo)

Pejabat dari China, Kanada dan Uni Eropa telah mengisyaratkan mereka bermaksud untuk secara independen memeriksa perubahan pada pesawat Boeing sebelum mengizinkan jet itu terbang.

"Boeing harus meyakinkan kami, para regulator, bahwa pesawat itu aman," kata Polana. "Mereka juga harus mendapatkan kembali kepercayaan dari pilot dan maskapai penerbangan, kemudian memberikan edukasi pada pelanggan Indonesia."


Saksikan video mengenai perbaikan Boeing 737 Max berikut ini.

[Gambas:Video CNBC]

(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading