Mulai 15 Juni, Bandara Kertajati Ambil Alih Flight Luar Jawa

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
17 May 2019 15:09
Mulai 15 Juni, Bandara Kertajati Ambil Alih Flight Luar Jawa
Jakarta, CNBC Indonesia - Sebanyak 12 rute penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara ke luar Jawa bakal dialihkan melalui Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau yang lebih dikenal dengan Bandara Kertajati. Langkah itu diambil sebagai solusi meramaikan bandara yang kerap disorot karena selalu sepi tersebut.

Demikian disampaikan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (AP II) (Persero) Muhammad Awaluddin dalam sebuah acara bincang santai di Plataran Menteng, Jakarta, Kamis (16/5/2019) malam.

"Akan kita percepat memindahkan sebagian traffic, insya Allah 15 Juni," ungkapnya.




Rute favorit yang bakal dialihkan di antara menuju Palembang, Medan, Makassar, dan Balikpapan yang saat ini diterbangkan dari Bandung, kelak dialihkan melalui Bandara Kertajati.

"Jadi sisanya di Husein adalah domestik dalam Jawa dan kemudian international. Yang internasional sementara belum di Kertajati," bebernya.

Mulai 15 Juni, Bandara Kertajati Ambil Alih Flight Luar JawaFoto: infografis/infografis misi penyelamatan bandara Kertajati/Aristya Rahadian Krisabella


Nantinya, jika sejumlah akses penunjang ke Kertajati seperti Tol Cisumdawu rampung sepenuhnya, semua penerbangan dari Bandung dialihkan ke Kertajati. Dengan begitu, nantinya Bandara Husein Sastranegara hanya difokuskan untuk menerbangkan pesawat nonjet atau propeler.

Sementara itu, Awaluddin juga menjelaskan bahwa saat ini AP II sedang menjajaki kemungkinan sebagai pemegang saham Bandara Kertajati. Saat ini, pembahasan itu sudah mengerucut ke arah pengambilan keputusan. Dikatakan bahwa AP II bakal memiliki 25% saham Kertajati.

"Hal-hal teknisnya kita selesaikan sebelum lebaran dan mudah-mudahan habis lebaran akan kita tanda tangani shareholder agreement-nya," katanya.

Simak video terkait Bandara Kertajati di bawah ini.

[Gambas:Video CNBC]



(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading