Bandara Kertajati Siap Terbangkan Jemaah Umrah Mulai November

News - Khoirul Anam, CNBC Indonesia
20 August 2022 17:30
Jemaah Haji Foto: Dok Angkasa Pura II

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Angkasa Pura II (AP II) mendukung penerbangan umrah di Bandara Kertajati, Jawa Barat. Hal ini sejalan dengan rencana Kementerian Perhubungan menyiapkan Bandara Kertajati melayani penerbangan embarkasi dan debarkasi umrah pada November 2022 mendatang.

President Director AP II Muhammad Awaluddin mengungkapkan AP II selaku operator Bandara Kertajati bersama stakeholder lainnya termasuk Bea Cukai, Imigrasi, dan Karantina akan berkolaborasi untuk memastikan penerbangan umrah berjalan lancar.

"Seluruh fasilitas keamanan dan pelayanan di Bandara Kertajati dipastikan siap untuk melayani penerbangan umrah mulai November 2022," ujar Awaluddin dikutip dari keterangan tertulis, Sabtu (20/8/2022).

Menurut dia, dibukanya Bandara Kertajati selain dapat mempermudah jemaah umrah juga sangat mendukung operasional Bandara Soekarno-Hatta.

"Penerbangan umrah dari Bandara Kertajati mendukung distribusi penerbangan dan penumpang pesawat antara Bandara Kertajati dan Bandara Soekarno-Hatta. Jemaah umrah asal Jawa Barat atau Jawa Tengah dapat langsung terbang dari Bandara Kertajati, tidak perlu lagi ke Bandara Soekarno-Hatta. Ini sangat mendukung konsep Multi-airport System yang diterapkan AP II untuk memastikan penerbangan terdistribusi dengan baik di kedua bandara tersebut," ungkap Awaluddin.

Penerbangan umrah melalui Bandara Kertajati juga didukung Kementerian Agama. Direktur Umrah dan Haji Khusus Kemenag Nur Arifin menuturkan Bandara Kertajati dapat melayani jemaah asal Jawa Barat bagian timur dan Jawa Tengah bagian barat.

"Dari sisi biaya, jelas ini akan menjadi lebih ringan. Sebab, mereka tidak harus ke Jakarta untuk naik pesawat," jelas Nur Arifin. 


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

5 Bandara Angkasa Pura II Sukses Pulangkan 41.468 Jemaah Haji


(vap/vap)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading