JK: RI & Malaysia Sepakat Bawa Kasus Sawit ke Jalur WTO

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
16 May 2019 10:53
JK: RI & Malaysia Sepakat Bawa Kasus Sawit ke Jalur WTO
Jakarta, CNBC Indonesia - Wakil Presiden Jusuf Kalla melakukan pertemuan dengan Wakil Perdana Menteri Malaysia Wan Azizah Wan Ismail di sela-sela lawatannya di Jenewa, Swiss.

Dalam pertemuan yang berlangsung di Hotel Beau Rivage Jenewa itu, kedua negara sepakat untuk meningkatkan kampanye bersama untuk menyelesaikan masalah kepala sawit melalui jalur WTO.

Pemerintah Indonesia, diakui Wapres, kini tengah mempersiapkan untuk menyampaikan aduan Dispute Settlement Body WTO yang akan diawali dengan proses perundingan dalam kurun waktu 60 hari ke depan.


"Indonesia dan Malaysia sama, antara nomor 1 atau nomor 2 produsen [sawit] di dunia," kata JK melalui keterangan resmi, Kamis (16/5/2019).




JK: RI & Malaysia Sepakat Bawa Kasus Sawit ke Jalur WTOFoto: Foto/Jusuf Kalla/Dok. Setwapres


Wakil PM Malaysia, bahkan menyampaikan kepada JK untuk mengajak pemerintah dan sektor swasta nasional dapat berperan aktif dalam berkampanye anti diskriminasi kelapa sawit oleh Uni Eropa.

Pertemuan antara kedua belah pihak juga sempat membahas dampak seteru dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China, yang dianggap dapat berdampak positif maupun negatif terhadap kedua negara.

JK pada hari ini, akan berada di Paris untuk menghadiri The Christchurc Call to Action. Di sana, Wapres akan membagikan pengalaman Indonesia dalam menangani persoalan terorisme dan ideologi.

"Sekarang ideologi masuk lewat internet. Jadi berubah. Keduanya baik yang Islam juga. Kemarin di Christchurch itu pengaruh dari internet," jelasnya.

Para pemimpin negara dan bos perusahaan besar pun dijadwalkan hadir di Paris, antara lain CEO Twitter Jack Dorsey, Presiden Microsoft Satya Nadella, hingga wakil presiden Google, Yotube, Facebook, Instagram, dan WhatsApp.





(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading