Menhub: Tarif Batas Atas Tiket Pesawat Turun 15%!

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
09 May 2019 18:50
Penurunan TBA tiket pesawat sudah dibicarakan dengan maskapai.

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengkonfirmasi tarif batas atas (TBA) tiket pesawat akan turun sebesar 15%. Demikian disampaikan Budi Karya selepas menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (9/5/2019).

"Itu range di situ. Kita finalkan hari Senin," ujarnya.




Menurut dia, ada berbagai dasar di balik penurunan TBA. Mulai dari harga pokok penjualan (HPP) yang mendasarkan pada on time performance (OTP), nilai tukar rupiah terhadap dolar AS, harga avtur, dan load factor.

"Didasarkan itu ditemukan setelah satu angka harga pokok rata-rata. Dengan dasar itu berarti kita masih ada ruang untuk bisa menurunkan batas atas," kata Budi Karya.

Menhub Pastikan Tarif Batas Atas Tiket Pesawat Turun 15%Foto: Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (CNBC Indonesia/Muhammad Choirul)


Mantan direktur utama PT Angkasa Pura II (Persero) itu menuturkan, penurunan TBA tiket pesawat sudah dibicarakan dengan maskapai. Posisi Kemenhub adalah mengomunikasikan, bukan meminta persetujuan.

"Ya itu sudah kita hitung kok," kata Budi Karya menjawab pertanyaan perihal keberatan asosiasi perihal biaya operasional yang tidak ikut turun.

Simak video terkait pesawat di bawah ini.

[Gambas:Video CNBC]
(miq/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading