Siap-siap, B30 Mulai Uji Coba Bulan Ini!

News - Anastasia Arvirianty, CNBC Indonesia
02 May 2019 16:04
Siap-siap, B30 Mulai Uji Coba Bulan Ini!
Jakarta, CNBC Indonesia- Setelah implementasi B20, kini Pemerintah telah menjadwalkan untuk mulai melakukan uji coba penggunaan B30 Mei 2019 ini.

"Rencananya uji coba akan dilakukan pada minggu ke-3 atau minggu ke-4 Mei ini," ujar Direktur Bioenergi Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM Feby Andriah saat dihubungi CNBC Indonesia, Kamis (2/5/2019).

Siap-siap, B30 Mulai Uji Coba Bulan Ini!Foto: Ilustrasi biodiesel (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)





Lebih lanjut, Feby menuturkan, saat ini pihaknya tengah dalam proses mempersiapkan kendaraan uji coba, sebab kendaraan yang akan diuji coba tersebut harus melalui proses over haul terlebih dahulu.

"Persiapannya banyak, sekarang kami sedang menyiapkan bahan bakar B30-nya juga, lalu pengangkutan bahan bakar ke tempat yang sudah ditetapkan untuk menjadi titik pengisian B30," pungkas Feby.

Ditemui di kesempatan terpisah, Ketua Harian Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia (Aprobi) Paulus Tjakrawan menuturkan hal yang sama. Dia mengatakan, uji coba B30 akan dilakukan bersama dengan GAIKINDO dan Pertamina.

"Rangkaian uji coba B30 telah dimulai dengan kegiatan over haul kendaraan-kendaraan dukungan GAIKINDO oleh Tim Rating, setelahnya, uji jalan akan dimulai," jelas Paulus.

Lebih lanjut, Paulus menyebutkan, uji jalan akan dilakukan dengan melalui jalur darat sejauh 40.000 km, meliputi dataran rendah, tinggi, bermacam klimat, jalan yang naik-turun, lalu lintas padat, dan jalan tol.

"Kami ikut serta dan mendukung uji coba B30. Kami berharap uji coba dapat berjalan lancar dan B30 dapat segera diimplementasikan," tandas Paulus. 

[Gambas:Video CNBC] (gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading