Jokowi Larang Menteri Bambang Ungkap 'Calon' Ibu Kota Baru

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
29 April 2019 14:35
Jokowi Larang Menteri Bambang Ungkap 'Calon' Ibu Kota Baru
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka rapat terbatas bersama menteri Kabinet Kerja dengan topik pembahasan tindak lanjut rencana pemindahan Ibu Kota di Kantor Presiden, Senin (29/4/2019).

Setelah 5 menit memberikan kata pengantar, Jokowi memberikan kesempatan kepada Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas Bambang Brodjonegoro untuk menjelaskan hasil kajian pemindahan Ibu Kota yang sudah dilakukan.

Di depan Jokowi, Wakil Presiden Jusuf Kalla dan sejumlah menteri, Bambang pun dengan lugas menyampaikan hasil kajian yang sudah dilakukan Bappenas terkait dengan rencana pemindahan Ibu Kota.


Namun, ketika Bambang ingin memaparkan kota-kota yang menjadi kandidat kuat Ibu Kota baru, Jokowi secara tiba-tiba menyekat pemaparan, dan memberikan pesan kepada mantan Menteri Keuangan itu.




"Jangan lokasi [pemindahan Ibu Kota baru]. Kalau kriterianya boleh," kata Jokowi.

Mendengar hal tersebut, Bambang akhirnya memilih menyampaikan kriteria calon Ibu Kota baru. Sampai saat ini, belum diketahui secara pasti kota potensial mana yang akan menjadi calon Ibu Kota baru.

Sebagai informasi, Bappenas di bawah komando Bambang Brodjonegoro memang telah menyerahkan kajian awal rencana pemindahan Ibu Kota kepada Jokowi pada awal tahun lalu, atau tepatnta 3 Januari 2018.

Dalam kajian awal yang disempurnakan oleh Bappenas, ada 3 wilayah yang setidaknya berpotensi menjadi Ibu Kota baru, antara lain Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Timur.

Apakah ketiga wilayah tersebut akan menjadi Ibu Kota baru Indonesia? Kita lihat saja.




(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading