Komentari Banjir Jakarta, Ahok Ajak Bantu Para Korban

News - Muhammad Iqbal, CNBC Indonesia
26 April 2019 17:45
Hal itu disampaikan melalui akun Twitter resminya @basuki_btp yang dikutip CNBC Indonesia.
Jakarta, CNBC Indonesia - Mantan gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok alias BTP turut mengomentari banjir yang menerjang sejumlah daerah di ibu kota pada hari ini, Jumat (26/4/2019). Hal itu disampaikan melalui akun Twitter resminya @basuki_btp yang dikutip CNBC Indonesia.

"Kepada warga DKI, harap waspada terhadap banjir. Mari fokus untuk membantu para korban banjir. Dan jangan membuang sampah sembarangan," tulisnya.

Komentari Banjir Jakarta, Ahok Ajak Bantu Para KorbanFoto: Himbauan dari mantan gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama melalui akun Twitter pribadinya. (Twitter @Basuki_BTP)



Tulisan itu mengomentari kicauan Kepala Pusat Data Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho dalam akun resminya @Sutopo_PN.

Sutopo mengunggah sebuah video yang memperlihatkan banyak sampah yang dihanyutkan Sungai Ciliwung dari bagian hulu dan tengah pada Jumat pagi. Ia juga mengunggah kondisi tinggi muka air di Kalibata pada Jumat pagi.

Komentari Banjir Jakarta, Ahok Ajak Bantu Para KorbanFoto: Cuitan Kepala BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengenai keadaan muka air di kalibata. (Twitter @Sutopo_PN)


Banjir kembali melanda ibu kota Jakarta, Jumat (26/4/2019). Hal itu tak lepas dari hujan yang melanda ibu kota pada Kamis disertai kiriman air dari hulu.

Pada Jumat, banjir tampak menggenangi sejumlah wilayah. Salah satunya adalah Condet, Jakarta Timur. Ketinggian mencapai empat meter di permukiman warga di bantaran sungai.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta melaporkan sejumlah warga harus dievakuasi. Misalnya di RW 01 dan RW 02 Kelurahan Cawang, Jakarta Timur. Evakuasi dilakukan oleh tim gabungan dari Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan, BPBD DKI Jakarta, PPSU, dan Tramtib DKI Jakarta.

Banjir itu juga berdampak kepada lalu lintas ibu kota. Sekitar pukul 14.04 WIB, TMC Polda Metro Jaya melaporkan lalu lintas arah Jalan Jatinegara Barat, Jakarta Timur, ditutup sementara. Hal itu merupakan imbas dari banjir dengan kedalaman sekitar 50 cm.



Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengakui daerah yang terendam air saat ini adalah daerah langganan banjir. Anies mengatakan genangan tersebut diakibatkan oleh kiriman air dari hulu Sungai Ciliwung.

"Di tempat itu, tidak ada hujan sebetulnya mereka itu, kita ini menerima air dari hulu ketika di sana hujannya keras," kata Anies di Gedung Dinas Teknis, Jalan Abdul Muis, Jakarta Pusat, Jumat (26/4/2019).

Dilansir detikcom, mantan menteri pendidikan dan kebudayaan itu mengaku telah memerintahkan semua wali kota memantau daerahnya. Menurutnya, semua wali kota saat ini terus bekerja memantau banjir.

Komentari Banjir Jakarta, Ahok Ajak Bantu Para KorbanFoto: Banjir di Kawasan Cililitan, Jumat (26/4/2019). (detikFoto/Lamhot Aritonang)



(miq/prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading