Kini, 100% Desa di Bengkulu Sudah Teraliri Listrik

News - Donald Banjarnahor, CNBC Indonesia
22 April 2019 21:21
Kini, 100% Desa di Bengkulu Sudah Teraliri Listrik
Jakarta, CNBC Indonesia- Tidak ada lagi desa yang gelap gulita di Bengkulu, Sumatera. Desa Tanjung Aur di Kabupaten Kaur, adalah desa terakhir yang disambung PLN dan dialiri listrik untuk mencapai rasio elektrifikasi 100% desa-desa di provinsi tersebut.

"Alhamdulillah, dengan telah dinyalakan listrik di Desa Tanjung Aur Kecamatan Maje Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu maka rasio desa berlistrik menjadi 100% di Provinsi Bengkulu," ujar Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan, Senin (22/4/2019).




Desa Tanjung Aur sendiri berada di wilayah terpencil, dari Bengkulu harus menempuh perjalanan darat hingga 5 jam agar sampai ke desa tersebut. Perjalanan lalu dilanjutkan ke Simpang Linau selama 18 menit baru menuju desa selama satu jam, jika tidak ada hambatan.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat masih ada sekitar 1 juta masyarakat yang belum memiliki akses listrik. Masyarakat tersebut tersebar di daerah-daerah pelosok di Indonesia.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana mengatakan, banyak tantangan yang dihadapi oleh pemerintah untuk menerangi daerah tersebut. Mulai dari akses infrastruktur hingga kemampuan daya beli masyarakat daerah tersebut.

Saksikan video tentang tantangan mengaliri listrik di pedalaman Indonesia di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC] (gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading