Uji Coba Penyaluran LPG 3 KG Pakai Kartu Mulai Hari Ini

News - Anastasia Arvirianty, CNBC Indonesia
22 April 2019 16:53
Uji Coba Penyaluran LPG 3 KG Pakai Kartu Mulai Hari Ini
Jakarta, CNBC Indonesia- Pemerintah telah memastikan untuk menyalurkan LPG 3 kg bersubsidi melalui skema subsidi tertutup dengan menggunakan kartu.

"Sudah pasti pakai kartu. Agar subsidi tepat sasaran dan volumenya terkendali. ESDM bikin rumus sama formula, basis data dari Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K), kalau untuk implementasi uji coba di Kemensos," ujar Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar saat dijumpai di Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (22/4/2019).

Uji Coba Penyaluran LPG 3 KG Pakai Kartu Mulai Hari Ini Foto: CNBC Indonesia/ Andrean Kristianto





Lebih lanjut, dihubungi di kesempatan terpisah, Kepala Unit Komunikasi dan Pengelolaan Pengetahuan TNP2K Ruddy Gobel menjelaskan, uji coba penyaluran LPG 3 kg subsidi tersebut sudah mulai dilakukan pada hari ini, Senin (22/4/2019). Uji cobanya dilakukan di tujuh titik lokasi dan total 14.193 rumah tangga (RT).

Ruddy menyebutkan, persiapannya sudah dimulai sejak Desember 2018. Diperkirakan selesai pertengahan Mei 2018.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, ada tiga metode yang diujicobakan, yaitu:
1. Menggunakan e-voucher yg dikirimkan melalui SMS. Bank mitra BNI
2. Menggunakan biometric. Bank mitra BRI
3. Menggunakan KTP-EL dan biometric, dengan bank mitra Bank Mandiri

"Pada 22 April itu dana sejumlah Rp 20.000 nanti sudah masuk ke rekening masing-masing rumah tangga penerima manfaat, dan mereka sudah bisa melakukan transaksi pembelian LPG di merchant/toko yang ikut dalam uji coba," ujar Ruddy saat dihubungi CNBC Indonesia, Senin (22/4/2019).

"Dananya masuk serentak di semua lokasi, tapi apakah langsung hari ini RT penerima manfaat melakukan transaksi mungkin berbeda. Nanti pada 2 Mei masuk lagi penyaluran tahap 2, dan RT penerima manfaat bisa memanfaatkan/melakukan transaksi pembelian LPG sampai 15 Mei," tambah Ruddy.

Adapun, Ruddy menjabarkan, jumlah toko LPG yg berpartisipasi dalam uji coba yakni:

Bogor : 13 
Kota Kediri : 11
Kota Jakarta Utara : 94
Kota Bukittinggi : 14
Gunung Kidul : 11
Kota Tomohon : 12 
Tangerang : 17

"Setiap merchant/toko telah dilatih pada awal April kemarin mengenai tata cara melakukan transaksi dengan aplikasi. Jumlah penerima subsidi LPG yang disepakati pemerintah dan DPR sejumlah 25,7 juta RT. Tahapannya termasuk pengembangan kebijakannya, penyesuaian regulasi, dan sebagainya," pungkas Ruddy.

[Gambas:Video CNBC]

(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading