Perhitungan Suara di Los Angeles Masih Jalan, Siapa Menang?

News - Wangi Sinintya, CNBC Indonesia
19 April 2019 14:42
Perhitungan Suara di Los Angeles Masih Jalan, Siapa Menang?
Jakarta, CNBC Indonesia - Sekitar 250 warga negara Indonesia (WNI) memadati penghitungan suara Pemilihan Umum 2019 yang memilih presiden, wakil Presiden, anggota legislatif, yang diselenggarakan di Gedung KJRI Los Angeles, Amerika Serikat, pada pukul 18.00 waktu setempat, Rabu (17/04/2019).

Proses penghitungan tersebut merupakan tahapan terakhir dari rangkaian pesta demokrasi yang telah dipersiapkan selama satu tahun terakhir oleh Komisi Pemilihan Umum.

Foto: Penghitungan Suara di Los Angeles

"Kita sekarang sudah memasuki tahapan 'end game'. Kiranya malam ini kita sudah tidak lagi dipisahkan oleh "jempol" dan "dua jari". Malam ini kita mulai kembali merajut tali silaturahmi dan harmoni," kata Kepala Sekretariat Panitia Pemilu Los Angeles, R. Wisnu Sindhutrisno, yang membacakan pidato Konsul Jenderal RI Los Angeles, Saud P. Krisnawan di hadapan masyarakat, saksi serta relawan yang hadir saat itu.


Dikutip dari keterangan resmi KJRI Los Angeles, pada Jumat (19/04/2019), dalam 
proses penghitungan suara tersebut, lebih dari 4.500 surat suara presiden dan wakil presiden serta calon anggota legislatif dihitung dan disaksikan langsung oleh masyarakat.

Susy, salah seorang WNI yang hadir mengatakan terkesan dengan rangkaian proses pesta demokrasi di Los Angeles.

"Setelah Rabu kemarin Pemilu berjalan lancar dan tertib hingga dini hari, penghitungan suara malam ini pun juga sejauh ini berjalan tertib dan meriah. Masing-masing pendukung saling bersenda gurau dan menikmati makanan khas Indonesia yang telah disediakan," katanya.


Penghitungan suara dilaksanakan di empat booth terpisah, masing-masing booth merupakan gabungan dari Tempat Pemungutan Suara (TPS) 1 dan 2 (Booth 1), Pos 1 & 2 (Booth 2), Pos 3 & 4 (Booth 3), Pos 5 & 6 (Booth 4).


Hingga berita ini diturunkan (sekitar pukul 16.00 waktu setempat), proses penghitungan masih berjalan. Dengan demikian, belum diketahui siapa yang sementara unggul, apakah pasangan nomor urut 01 Jokowi-Amin, atau nomor urut 02 Prabowo-Sandiaga.

Proses penghitungan pun ditayangkan secara langsung melalui Instagram Live Story dan Facebook Live KJRI Los Angeles. Adapun video dapat dilihat di @kjrilosangeles.
(tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading