Pemilu 2019

Jokowi Sebut Hasil Quick Count 12 Lembaga: Jokowi-Amin 54,5%!

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
19 April 2019 07:57
Jokowi mengumpulkan seluruh ketua umum dan sekretaris jenderal partai anggota Koalisi Indonesia Kerja (KIK) di Jakarta, Kamis (18/4/2019).
Jakarta, CNBC Indonesia - Calon presiden nomor urut 01 Joko WIdodo (Jokowi) mengumpulkan seluruh ketua umum dan sekretaris jenderal partai anggota Koalisi Indonesia Kerja (KIK) di Resto Plataran, Menteng, Jakarta, Kamis (18/4/2019).

Dalam kesempatan itu, Jokowi memaparkan berbagai hal, salah satunya adalah keunggulan pasangan Jokowi-Amin dalam hitung cepat pemilihan presiden 2019 yang dilakukan oleh 12 lembaga.

"Hari ini sudah mencapai 100%. Kami sampaikan hasil quick count menyatakan Jokowi-Amin mendapatkan 54,5% dan Prabowo-Sandiaga persentasenya 45,5%," kata Jokowi.


"Kita tahu yang namanya penghitungan quick count cara penghitungannya ilmiah. Dari pengalaman pemilu lalu akurasinya 99% hampir sama dengan penghitungan real count," lanjutnya.



Namun demikian, Jokowi mengaku akan tetap menunggu hasil penghitungan resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU). Berdasarkan UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, hasil penghitungan paling lama diumumkan 35 hari setelah pemungutan suara dilakukan.

Lebih lanjut, Jokowi juga menyampaikan telah menerima ucapan selamat dari sejumlah pemimpin negara lain perihal kesuksesan penyelenggaraan pemilu tahun ini.

"Kita telah menerima telepon dari Perdana Menteri Malaysia Tun Mahathir Mohamad, dan PM Singapura Lee Hsien Loong, dan juga dari Presiden Turki (Recep Tayyip) Erdogan. Dan juga 22 negara lainnya," ujar Jokowi.

Simak video terkait arah ekonomi RI selepas pilpres 2019 di bawah ini.

[Gambas:Video CNBC] (miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading