Menhub Sindir Bos Garuda: Tak Tulus Turunkan Harga Tiket

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
17 April 2019 19:43
Menhub Sindir Bos Garuda: Tak Tulus Turunkan Harga Tiket Foto: Garuda Indonesia's Boeing 737 Max 8 (REUTERS/Willy Kurniawan)
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengaku belum lama ini kembali bertemu Direktur Utama (Dirut) PT Garuda Indonesia, I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra. Pertemuan tersebut mengenai harga tiket pesawat yang masih mahal.

Saat berbincang dengan awak media di Rumah Makan Batik Kuring, Rabu (17/4/2019), Menhub bahkan mempertanyakan klaim Garuda yang mengaku telah menurunkan harga tiket. Dia menegaskan bahwa Garuda harus jujur mengenai hal ini.

"Makanya saya bilang kalian [maskapai] itu tidak tulus, enggak jujur. Kita kan ngomong sama masyarakat musti jujur," ungkapnya.


Masih dalam kesempatan yang sama, Budi Karya Sumadi juga menyampaikan keresahan kepada Dirut Garuda yang akrab disapa Ari Askhara. Menhub bilang ke Ari bahwa setiap bertemu wartawan, selalu saja masih ada pertanyaan mengenai tiket pesawat mahal.


"Saya itu pasti setiap ketemu, pasti ditanya soal tarif (tiket pesawat). Jadi hampir tidak pernah ada tarif yang tepat. Jadi kalau kalian (maskapai) sudah bikin, orang luar tidak tahu, berarti dua alternatif, tidak jelas atau memang enggak ada (subclass)," urainya.

Jika memang penerapan subclass sudah dilakukan maskapai, Menhub ingin sebuah transparansi. Dikatakan, maskapai wajib menyampaikan sosialisasi berapa besar subclass diterapkan pada masing-masing harga dalam setiap penerbangan.

"Ya kan harus terbuka. Orang kan multitafsir kalau kaya gitu kan, kan masyarakat ini kan banyak," tegasnya.

"Saya minta untuk pentarifan itu lebih clear. Disampaikan bahwa subprice itu sudah dilakukan tapi saya menganggap apa yang dilakukan belum clear," lanjutnya.

(dru/wed)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading