Dalam Sebulan, Harga Tiket Pesawat Naik 3,91%

News - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
01 November 2021 15:40
Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten. (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi pada Oktober 2021 terutama ditopang oleh kenaikan tarif angkutan moda transportasi udara. Kenaikan harga pesawat pada bulan lalu tercatat 3,91% dibandingkan September 2021.

"Kenaikan tiket pesawat rata-rata sebesar 3,91% (month to month), dengan andil (terhadap inflasi) 0,03%," ujar Kepala BPS Margo Yuwono, Senin (1/11/2021).


Kenaikan harga tiket pesawat ini mendorong inflasi di sektor transportasi sebesar 0,33% dengan andil 0,04% di Oktober 2021.

Ia menyebutkan, kenaikan harga tiket pesawat tertinggi terjadi di 66 kota IHK yang dipantau BPS. Kota-kota tersebut juga menjadi pendorong inflasi pada bulan lalu.

Namun, ia menekankan bahwa harga tiket pesawat yang mengalami kenaikan harga adalah dengan rute perjalanan jauh. Untuk yang dekat harganya justru stagnan dan bahkan turun.

"Dari 66 kota yang dipantau BPS, itu memiliki rute penerbangan sebagian besar naik. Namun untuk rute penerbangan jangka pendek, harga tiket itu secara umum turun," jelasnya.

Menurutnya, inflasi pada sektor transportasi udara ini terjadi karena berbagai aturan PPKM yang mulai dilonggarkan. Jumlah penumpang pesawat rute domestik ini tercatat naik 84,04%. Di mana total orang yang diberangkatkan mencapai 1,97 juta penumpang.

"Untuk jumlah penumpang rute internasional juga naik 7,62% menjadi 48 ribu orang di September 2021," kata dia


[Gambas:Video CNBC]

(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading