Pemilu 2019

Hasil Pemilu Luar Negeri, Jokowi Unggul di Lebanon

News - Wangi Sinintya Mangkuto, CNBC Indonesia
17 April 2019 17:26
Hasil Pemilu Luar Negeri, Jokowi Unggul di Lebanon Foto: Presiden Joko Widodo (Jokowi) Didampingi Istri Iriana Joko Widodo Menghadiri TPS saat pemilu 2019. (CNBC indonesia/Andrean Kristianto)
Jakarta, CNBC Indonesia- Pemilihan Umum (pemilu) Republik Indonesia (RI) yang dilakukan di Luar Negeri telah selesai dilakukan dari 8-14 April lalu, dan perhitungan suara dimulai pada hari ini, Rabu (17/04/2019).

Tepat pukul 09.00 waktu Beirut atau pukul 13.00 WIB penghitungan surat suara di TPS 01 KBRI Beirut dimulai.




Penghitungan suara berjalan dengan baik dan lancar dengan perolehan suara untuk pasangan capres 01 sebanyak 110 suara dan pasangan capres 02 sebanyak 61 suara, lalu suara tidak sah sebanyak 5 suara.

Sementara itu, untuk pileg, tiga partai dengan perolehan suara terbanyak adalah PDI-P 39 suara, PPP 34 suara dan PKS 29 suara. Selain disaksikan oleh Duta Besar RI dan perwakilan WNI di Lebanon, proses penghitungan suara juga disiarkan secara live melalui akun facebook KBRI Beirut.

"Proses penghitungan suara pilpres dan pileg berlangsung meriah dan semarak," ujar Duta Besar LBBP RI di Beirut Hajriyanto Y. Thohari kepada CNBC Indonesia.

"Penghitungan suara cukup teliti. Bahkan tidak jarang dilakukan beberapa kali pengecekan oleh penonton yang menyaksikan. Walhasil, penghitungan suara di Beirut sangat menarik, semarak, dan meriah tapi sekaligus aman dan tertib serta transparan," lanjutnya.

Sebagaimana diinformasikan sebelumnya, pemilu di TPS 01 KBRI Beirut pada Minggu 14 April 2019 berjalan dengan baik dan lancar, tanpa kendala.

Jumlah pemilih dalam DPT 188 orang, namun 10 orang telah meminta surat pindah memilih. Selain itu terdapat 6 orang pemilih tambahan (menggunakan formulir A5) dan 19 orang pemilih khusus (DPK).

Jumlah surat suara yang tepakai adalah sebanyak 176 surat suara atau 92% dari keseluruhan surat suara yang berjumlah 192 surat suara.

Saksikan video para menteri memilih ke TPS di bawah ini 
[Gambas:Video CNBC]

(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading