Bermodal Exit Poll, Prabowo-Sandi Klaim Kemenangan 55%

News - Donald Banjarnahor, CNBC Indonesia
17 April 2019 15:45
Bermodal Exit Poll, Prabowo-Sandi Klaim Kemenangan 55%
Jakarta, CNBC Indonesia -- Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi mengklaim bahwa Prabowo mengumpulkan 55,4% suara, sementara rivalnya yakni Jokowi hanya 42,8%. Hal tersebut merupakan hasil dari Exit Poll yang dilakukan oleh BPN Prabowo Sandi.

"Unggul dari petahana sebanyak 55,4 persen," kata Direktur Relawan BPN Sugiono di Kertanegara, seperti dikutip dari CNNIndonesia.com, nRabu (17/4/2019).

Saat mengumumkan hasil ini, para relawan yang hadir di lokasi itu langsung berteriak Prabowo presiden. Bahkan ada seorang bapak yang meminta untuk dipertemukan langsung dengan Prabowo sebagai presiden baru mereka.


"Pertemukan kami dengan presiden baru," kata dia.

Sugiono pun menyebut akan terus memberitahukan update perkembangan hasil exit poll dan quick count secara real time kepada media. Namun untuk saat ini Prabowo masih unggul dari Joko Widodo.

Exit poll merupakan metode survei dengan cara menanyakan secara langsung kepada pemilih setelah meninggalkan TPS. Sampel lantas ditentukan untuk menggambarkan populasi. Hasil exit poll bisa diketahui lebih lekas ketimbang hasil resmi. Sebab, sumber data adalah wawancara pemilih.

KPU telah menegaskan bahwa hasil penghitungan suara menggunakan metode exit poll tidak bisa jadi acuan hasil pemilihan. Penegasan itu disampaikan mengomentari exit poll pemilihan di luar negeri yang beredar beberapa waktu lalu.

Saksikan video Ini Tahapan Penghitungan Pemilu

[Gambas:Video CNBC] (dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading