Warga di Perbatasan Malaysia Nikmati Listrik dari PLN

News - Yanurisa Ananta, CNBC Indonesia
14 April 2019 17:32
Warga di Perbatasan Malaysia Nikmati Listrik dari PLN
Jakarta, CNBC Indonesia - Kecamatan Krayan, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, telah dialiri listrik 100%. PLN mengaliri 332 pelanggan di Kecamatan Krayan Selatan yang berbatasan langsung dengan Serawak, Malaysia.

"Menyalanya listrik PLN di Krayan Selatan praktis membuat kualitas hidup masyarakat menjadi meningkat," kata Direktur Bisnis Regional Kalimantan, Machnizon Masri melalui keterangan tertulis, dikutip Minggu (14/04/2019).



"Fasilitas publik seperti sekolah, puskesmas, kantor kecamatan, kepolisian dan lainnya kini dapat melayani warga lebih baik dan membuat geliat ekonomi di sana menjadi lebih hidup," tambahnya.


Aliran listrik di Krayan Selatan disuplai oleh empat pembangkit diesel. Empat pembangkit diesel ini digunakan untuk menyuplai dua desa, yakni Desa Long Layu (2x63 kVa) dan Desa Pa'Upan (2x32 kVa).

Warga di Perbatasan Malaysia Nikmati Listrik dari PLNFoto: Penyalaan Sambungan Listrik di Kecamatan Krayan, April 2019. (Foto: Dok. PLN)

Listrik di Desa Long Layu dan Pa' Upan di Krayan Selatan disambung melalui jaringan tegangan rendah yang terbentang sepanjang 4100 meter dan kabel sambungan rumah sepanjang 1750 meter.

Machnizon mengatakan mengaliri listrik ke Kecamatan Krayan Selatan tidak mudah lantaran akses menuju lokasi sangat sulit. Lokasi Krayan Selatan hanya dapat dijangkau dengan pesawat udara dengan penerbangan perintis. Terlebih, jadwal penerbangan menuju Krayan Selatan tidak rutin dilakukan.

"Kami kirim material kelistrikan melalui jalur udara secara bertahap hingga lima kali pengangkutan. Kami laksanakan kegiatan pengiriman dan persiapan penyambungan sejak awal April lalu," tambah Machnizon.



Peresmian pengaliran listrik di Krayan Selatan dilakukan simbolik dengan menyalakan kWh meter milik salah satu warga. Peresmian ini turut dihadiri oleh Camat Krayan Selatan dan Ketua Adat Besar Desa Krayan.


Saksikan video mengenai penyambungan listrik oleh PLN berikut ini.

[Gambas:Video CNBC]

(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading