Seperti Trump, Prabowo-Sandi Janji tak Ambil Gaji

News - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
14 April 2019 08:27
Seperti Trump, Prabowo-Sandi Janji tak Ambil Gaji
Jakarta, CNBC Indonesia - Ada janji menarik yang disampaikan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di akhir debat kelima pemilihan presiden 2019, Sabtu (13/4/2019).

Kedua pasangan calon itu menegaskan tidak akan mengambil gajinya jika terpilih menjadi presiden dan wapres dalam pilpres 17 April mendatang.

Prabowo dan Sandi berjanji memberikan gaji atau honor jabatan tersebut kepada negara.


"Allah SWT begitu baik kepada Prabowo-Sandi, Indonesia, memberikan keleluasan kepada kami, kami komit tidak mengambil gaji, kami akan setorkan kepada negara," kata Sandiaga dalam pernyataan penutup di debat terakhir jelang pilpres 2019 itu.



"Kami meyakini Allah SWT yang maha membolak-balikkan hati memberikan arahan, memberikan pemimpin terbaik, yang menentukan masa depan kita," ujarnya.

Janji yang diutarakan Sandi tersebut senada dengan apa yang dilakukan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. Mantan taipan properti itu mengaku telah menyumbangkan gaji tahunannya sebagai presiden ke berbagai lembaga di 2018 lalu.

"Meski pers tidak suka menulis tentang hal itu, dan saya juga tidak memerlukannya, saya menyumbangkan gaji Presiden tahunan saya sebesar US$ 400.000 ke berbagai lembaga sepanjang tahun, ini untuk Departemen Keamanan Dalam Negeri," tulisnya di akun Instagram-nya dengan menyertakan foto sebuah cek senilai US$100.000.

"Jika saya tidak melakukannya (menyumbangkan penghasilannya), tidak akan ada yang dibayarkan oleh MEDIA BERITA PALSU!" tambahnya.

[Gambas:Instagram]

Trump menolak gaji kepresidenan senilai U$400.000 per tahun atau setara Rp 5,6 miliar (U$33.000 per bulan, $1.095 per hari) dengan mengatakan bahwa gaji tahunannya hanya akan sebesar U$1 setiap tahun kerja.

Aturan hukum di AS tidak memperbolehkannya mendapatkan gaji kurang dari itu.

Tanpa gajinya itu saja, Trump telah masuk ke dalam daftar orang terkaya dunia versi Forbes. Ia menduduki peringkat ke-715 daftar orang terkaya dunia atau Forbes World's Billionaires 2019.



Ia tercatat memiliki nilai kekayaan bersih US$3,1 miliar, tidak berubah bila dibandingkan capaiannya di tahun lalu.

Berdasarkan perhitungan Forbes, sebagian besar kekayaan Trump bersumber dari enam properti yang ia miliki di New York, AS, yang nilainya mencapai US$1,47 miliar. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading