Batam-Bintuni & Sederet Jembatan Terpanjang se-Indonesia Raya

News - Taufan Adharsyah, CNBC Indonesia
12 April 2019 20:47
Sebentar lagi, rekor baru jembatan terpanjang di Indonesia akan kembali dipecahkan. Berikut jembatan-jembatan yang memiliki panjang spektakuler di Indonesia
Jakarta, CNBC Indonesia - Sebentar lagi, rekor baru jembatan terpanjang di Indonesia akan kembali dipecahkan.

Pasalnya Jembatan Batam-Bintan (Babin) yang direncanakan dibangun paling lambat tahun 2020 akan memiliki panjang 6,4 kilometer. Dengan jarak sepanjang itu, Jembatan Babin akan jauh meninggalkan pendahulunya.




Berikut jembatan-jembatan yang memiliki panjang spektakuler di Indonesia setidaknya hingga saat ini:

1. Jembatan Suramadu (5,43 kilometer)

Jembatan yang menghubungkan antara Surabaya dan Madura ini telah selesai dibangun sejak tahun 2009. Pembangunan Suramadu telah dimulai sejak tahun 2003 dan memakan biaya hingga Rp 5,4 triliun.

Mengutip CNN Indonesia, sekitar 46% atau Rp 2,5 triliun dari total biaya untuk membangun jembatan ini didapat dari utang ke konsorsium China.

2. Jembatan Pasupati (2,8 kilometer)

Jembatan ini merupakan salah satu ikon Kota Bandung dan menghubungkan antara Pasteur hingga Surapati. Jembatan ini sudah dirancang setidaknya sejak tahun 1931. Namun pembangunan Pasupati baru rampung pada tahun 2005.

Mulai tahun 2015, jembatan ini dipasangi lampu hias, sehingga pada malam hari akan tampak berwarna-warni. Cocok dengan suasana Kota Bandung yang dingin.

3. Jembatan Siang Tengku Agung Sultanah Latifah (1,19 kilometer)

Nama jembatan ini diambil dari nama gelar permaisuri sultan terakhir Kerajaan Siak yang mengakhiri masa pemerintahan pada tahun 1946, atau satu tahun setelah Indonesia merdeka.

Jembatan kebanggaan rakyat Siak, provinsi Riau ini juga biasa disebut Jembatan Siak. Struktur megah ini menghubungkan dua daerah yang dipisahkan oleh Sungai Siak dan menjadi penghubung utama daerah sekitarnya.

Seperti yang telah diketahui, jembatan ini telah berdiri tegak sejak tahun 2007. Kala itu tahta kekuasaan tertinggi Indonesia masih diduduki oleh Susilo Bambang Yudhoyono.

4. Jembatan Merah Putih (1,14 kilometer)

Jembatan kebanggaan Kota Ambon ini merupakan yang paling panjang di wilayah Indonesia Timur.

Struktur penghubung Kecamatan Sirimau dan Kecamatan Teluk Ambon ini mulai beroperasi sejak tahun 2014. Biaya pembangunan jembatan diketahui mencapai Rp 416,75 miliar

5. Jembatan Ampera (1,11 kilometer)

Rakyat Palembang boleh bangga atas jembatan yang telah berdiri sejak tahun 1965 ini. Pasalnya jembatan ini dibangun di atas Sungai Musi yang diketahui memiliki sejarah panjang dengan kerajaan Sriwijaya.

Asal tahu saja, jembatan ini memiliki mekanisme yang memungkinkan mengangkat bagian tengah jembatan saat kapal ingin melintas. Namun karena menyebabkan kemacetan, operasi tersebut sudah tidak pernah lagi dilakukan.

6. Jembatan Barito (1,08 kilometer)

Jembatan ini berdiri di atas Sungai Barito yang terletak di Kalimantan Selatan. Ini merupakan jembatan yang masuk dalam akses jalan Trans Kalimantan. Selain itu jembatan ini dibangun pada masa kepemimpinan Soeharto. Diresmikan pada tahun 1997, kala itu Jembatan Barito menyandang gelar terpanjang se-Indonesia.

Namun sayangnya, berdasarkan data dari kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), pada tahun 2016 jumlah jembatan yang masih dalam keadaan baik hanya mencapai 38,4%.

Sedangkan 10,9% diantaranya masuk dalam kategori rusak berat. Adapun yang mengalami rusak ringan mencapai 24,25%.

Sumber: Buku Informasi Statistik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat 2017


TIM RISET CNBC INDONESIA

Artikel Selanjutnya

Singapura Diam-Diam Incar Proyek Jembatan Terpanjang di RI


(taa/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading