Keren! Batam-Bintan Bakal Terhubung Jembatan Sepanjang 6,4 Km

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
12 April 2019 16:06
Keren! Batam-Bintan Bakal Terhubung Jembatan Sepanjang 6,4 Km
Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah bersiap membangun jembatan yang menghubungkan Batam dan Bintan di Kepulauan Riau. Saat ini, studi kelayakan atau feasibility study (FS) proyek tersebut telah rampung.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) masih mengevaluasi FS tersebut. Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, mengaku bahkan telah sejak lama mendiskusikan proyek ini dengan Gubernur Kepulauan Riau.

"Sebenarnya saya sudah ketemu Pak Gubernur, saat saya terakhir kesana awal tahun ini. Itu sudah kita minta datanya. Katanya sudah ada FS dan sebagainya, maka kita minta," ungkap Basuki di kantornya, Jumat (12/4/2019).


Keren! Batam-Bintan Terhubung Jembatan Sepanjang 6,4 KmFoto: Dok CNBC (Choirul Anwar)


Basuki menyebut, Presiden Joko Widodo (Jokowi), sudah sempat berkunjung ke Kepulauan Riau dan menjanjikan pembangunan jembatan tersebut di hadapan masyarakat setempat.

"Kemarin saya juga mau ke sana, tapi Pak presiden meresmikan Paspro [Tol Pasuruan-Probolinggo] sehingga yang ke sana pak Iwan Zarkasyi, Direktur Jembatan," ujar Basuki.

Dalam waktu dekat, Basuki sudah menjadwalkan ulang peninjauan langsung ke bakal calon lokasi pembangunan.

"Saya akan ke sana nanti untuk lihat jalurnya. Tapi itu akan kita bangun," tandasnya.

Kepala Biro Komunikasi Publik, Setjen Kementerian PUPR, Endra Saleh Atmawidjaja, membocorkan bahwa desain jembatan tengah dirancang.

"Panjangnya 6,4 Km. Ada tiga tapak [jalan jembatan]," paparnya.


Keren! Batam-Bintan Terhubung Jembatan Sepanjang 6,4 KmFoto: Peta Batam-Bintan.




(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading