Benarkah Prabowo Tiru Cara Donald Trump di Pemilu AS?

News - Rehia Sebayang
, CNBC Indonesia
12 April 2019 10:39
Benarkah Prabowo Tiru Cara Donald Trump di Pemilu AS?
Jakarta, CNBC Indonesia - Calon Presiden Nomor Urut 02 Prabowo Subianto sering melontarkan pernyataan-pernyataan anti asing dan proteksionisme untuk menarik suara massa dalam pemilihan umum 2019.

Ternyata, cara ini meniru apa yang dilakukan oleh Donald Trump, presiden AS yang memenangkan pemilu 2016. Bila Donald Trump memiliki slogan "Make America Great Again (MAGA)", maka Prabowo dengan slogan "Make Indonesia Great Again (MIGA)".

Dalam sebuah kolom di Financial Review yang terbit beberapa hari lalu (9/4/2019), wartawan Angus Grigg juga secara terang-terangan menyebut tim kampanye Prabowo menggunakan cara yang sama dengan Trump dalam kampanyenya.


"Selama konferensi pers selama satu jam, empat anggota senior tim kampanye calon presiden Prabowo Subianto menerapkan banyak hal yang diambil dari buku pedoman (kampanye) Donald Trump." Tulisnya.



Ancam investasi


Menurut Ekonom Anton Gunawan, kondisi ini akan merubah iklim investasi di Indonesia jika Prabowo merealisasikan janji kampanyenya ini. 

Sama persis seperti Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang ngotot untuk mengeksekusi seluruh janjinya saat masa kampanye di Amerika sana.

"... Ada kecenderungan optimisme (yang saat ini) naik jadi lebih turun. Ini dengan syarat retorika dilakukan," kata Anton di kawasan SCBD, Kamis (11/4/2019).

Dia menjelaskan, jika janji Prabowo terwujud maka penurunan akan langsung tercermin di pasar obligasi, pasar ekuitas dan disiplin fiskal Indonesia.

Kondisi tersebut nantinya akan berdampak pada aksi asing yang selama ini berinvestasi di dalam negeri, baik itu di pasar keuangan maupun dalam bentuk investasi langsung (foreign direct investment/FDI).

"Kalau Trump, apa yang dijalankan sama seperti kampanye, walau kontroversi. Nah, itu sama akan terjadi tidak?" tegas dia. 

Simak video soal heboh pernyataan Prabowo soal anggaran bocor di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading