Selangkah Lagi Esemka Bisa Diproduksi Massal, Minat Beli?

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
11 April 2019 15:02
Selangkah Lagi Esemka Bisa Diproduksi Massal, Minat Beli?
Jakarta, CNBC Indonesia - Sebanyak delapan mobilĀ Esemka telah menjalani uji tipe yang dilakukan Kementerian Perhubungan dan dinyatakan lulus.

Kini, mobil-mobil tersebut telah mengantongi standar emisi Euro 4 untuk kategori mobil penumpang dan komersial. Namun, bukan berarti mobil tersebut bisa begitu saja di produksi secara besar-besaran.

Kepala Balai Sertifikasi Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BSLJSKB) Kementerian Perhubungan Caroline Noorida Aryani mengatakan, masih ada tahapan yang harus dilalui oleh Esemka.





Mobil-mobil Esemka, kata Caroline, memang sudah mengantongi bukti lulus uji tipe dari otoritas perhubungan. Namun, mobil Esemka harus mendapatkan Sertifikat Uji Tipe (SUT).

"Jika lulus, dikeluarkan sertifikat uji tipe dari Direktorat Sarana," kata Caroline saat berbincang dengan CNBC Indonesia.

Caroline mengatakan, apabila mobil Esemka sudah mengantongi SUT, maka mobil tersebut baru bisa diproduksi secara masal. Selama belum diterbitkan, maka belum bisa diproduksi masal.

"Coba di cek SUT-nya di direktorat sarana, karena mereka yang menangani," jelasnya.




Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan pada dasarnya SUT sudah bisa diterbitkan secara bersamaan ketika uji tipe rampung.

"Begitu selesai uji coba, langsung keluar SUT. Karena SUT untuk satu tipe. Jadi tinggal produksi. Perkiraan saya sudah ada," kata Budi kepada CNBC Indonesia.





Selangkah Lagi Esemka Bisa Diproduksi Massal, Minat Beli?Foto: Mobil Esemka (detik.com/Bayu Ardi Isnanto)


(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading