Kenapa Biaya Pembangunan MRT Fase II Lebih Mahal?

News - Ratu Rina Windarty, CNBC Indonesia
04 April 2019 14:52
Japan International Cooperation Agency (JICA) memastikan akan menggelontorkan dana untuk pembangunan MRT Jakarta Fase II.
Jakarta, CNBC Indonesia - Japan International Cooperation Agency (JICA) memastikan akan menggelontorkan dana untuk pembangunan MRT Jakarta Fase II. Fase itu membentang dari Bundaran HI hingga Kampung Bandan.

Sebelumnya, JICA telah mendukung pembangunan MRT Jakarta Fase I yang membentang dari Lebak Bulus hingga Bundaran HI. Peresmian operasionalnya dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Minggu (24/3/2019) lalu.

Pemberi Utangan MRT Jelaskan Kenapa Fase II Lebih MahalFoto: Infografis/KEJUTAN ! Tarif MRT Diskon 50% SEBULAN/Arie Pratama



Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar di kantornya, Kamis (28/6/2018), biaya pembangunan MRT Jakarta Fase I (Lebak Bulus-Bundaran HI) sepanjang 16 kilometer memakan biaya sekitar Rp 16 triliun. Sedangkan untuk MRT Jakarta Fase II sepanjang 8,5 kilometer menelan biaya Rp 22,5 triliun.

Kendati demikian, Kepala Perwakilan Kantor JICA Indonesia Shinichi Yamanaka mengatakan, jumlah dana yang digelontorkan belum dapat dipastikan.

"Karena masih dalam tahap evaluasi," katanya saat ditemui selepas kick-off meeting Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas dan JICA di Kementerian PPN/Bappenas, Jakarta, Kamis (4/4/2019).



Perihal evaluasi, Shinichi menjelaskan penyebabnya adalah trek MRT Jakarta Fase II sepenuhnya bawah tanah. Sedangkan MRT Jakarta Fase I ada yang di atas tanah (elevated) dan ada yang bawah tanah (underground).

"Kali ini semuanya underground memang biaya yang dibutuhkah lebih banyak. Karena memang dari awal studi untuk MRT Jakarta Fase II ini memang akan semunya underground," ujar Shinichi.

"Dan juga misal contohnya di Kota juga memang sudah cukup penuh, crowded, jadi memang butuh biaya yang lebih besar dibanding fase I," katanya.

Simak video terkait rencana PT MRT Jakarta dan JICA di bawah ini.

[Gambas:Video CNBC]
(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading