Bukan Mimpi, Tukang Mebel Sampai Pelawak Bisa Jadi Presiden!

News - Gustidha Budiartie, CNBC Indonesia
02 April 2019 13:01
Bukan Mimpi, Tukang Mebel Sampai Pelawak Bisa Jadi Presiden!
Jakarta, CNBC Indonesia - Cita-cita memang harus setinggi langit, apa pun yang Anda lakukan saat ini bukan tidak mungkin suatu saat bisa menjadi pemimpin suatu negara.

Sejarah mencatat ragam profesi yang ditekuni para tokoh sebelum jadi pemimpin dunia. Salah satunya adalah Presiden Indonesia Joko Widodo. Semua orang tahu, ia mengawali karirnya dari bawah. Mulai dari pengusaha mebel, lalu menjadi Walikota Solo, Gubernur DKI Jakarta, dan terakhir menjadi Presiden RI.

Nah, kehebohan kini tengah terjadi di Ukraina. Musababnya karena seorang pelawak 'iseng-iseng' ikut pemilihan Presiden namun tiba-tiba mendapat suara terbanyak di putaran pertama pilpres negara tersebut. Penghitungan suara memang masih berlangsung, namun kejutan untuk mendapati seorang pelawak jadi pemimpin bagi rakyat Ukraina juga disoroti dunia.


Berikut adalah profil beberapa presiden atau pemimpin dunia dengan latar belakang yang unik :

Volodymyr Zelensky, Ukraina

Seorang komedian tanpa pengalaman politik telah meraih suara terbanyak dalam putaran pertama pemilihan presiden Ukraina. Demikian laporan BBC seperti dikutip CNBC Indonesia, Selasa (2/4/2019).

Bukan Mimpi, Tukang Mebel Sampai Pelawak Bisa Jadi Presiden! Foto: Volodymyr Zelenskiy/REUTERS/Mykola Tys


Penghitungan suara baru mencapai separuh perjalanan. Namun, Volodymyr Zelenskiy yang dikenal karena pernah berperan sebagai presiden di salah satu acara TV, mendapat sekitar 30% suara. Sementara itu, presiden Ukraina saat ini Petro Poroshenko, hanya menduduki posisi kedua dengan perolehan 16% suara.

Mereka berdua sama-sama dikenal kerap mengeluarkan pendapat yang pro terhadap Uni Eropa (UE). Keduanya juga akan bersaing dalam pemilihan putaran kedua bulan depan.

"Saya sangat senang, tetapi ini bukan langkah terakhir," kata Zelenskiy kepada wartawan BBC Jonah Fisher, beberapa menit setelah hasil pemilihan diumumkan.



Ronald Reagan, Amerika Serikat

Ronald Reagan menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat selama dua periode berturut-turut, sejak 1981-1989. Sebelum menjadi presiden, pria kelahiran Illinois 1911 ini merupakan aktor ternama di negeri Abang Sam.

Bukan Mimpi, Tukang Mebel Sampai Pelawak Bisa Jadi Presiden! Foto: Mantan Presiden AS President George H.W. Bush. George Bush Presidential Library and Museum/Handout via REUTERS/File Photo


Meski berlatar belakang dunia seni peran, bukan berarti kepemimpinan Reagan diragukan rakyatnya. Toh sebelum menjabat sebagai presiden, ia sempat mendalami pemerintahan dengan menjadi Gubernur California mewakili Partai Republik dari 1967 ke 1975.

Selama menjadi Presiden AS, ia memotong pajak, menaikkan anggaran ketahanan, turut serta negosiasi dalam pengurangan penggunaan nuklir dalam perang. Ia juga mendapat kredit tersendiri karena dinilai cepat dalam mengakhiri perang dingin antara AS dan Uni Soviet.


Abraham Lincoln, Amerika Serikat

Presiden Negara Adidaya yang satu ini memang legendaris, beberapa film Hollywood bahkan mencitrakan sosoknya yang selain menjadi presiden kadang-kadang malah jadi pembasmi vampir atau drakula.

Bukan Mimpi, Tukang Mebel Sampai Pelawak Bisa Jadi Presiden! Foto: Patung mantan Presiden AS Abraham Lincoln berdiri di dalam rotunda Capitol AS di Washington, D.C., AS, 3 Desember 2018. Brendan Smialowski / Pool via REUTERS


Tapi bukan itu sebenarnya profesi yang mengejutkan, MSN pada 2015 pernah menulis bahwa diam-diam Lincoln ternyata pernah menjadi bartender dan tersertifikasi. Profesi ini pernah dilakoni Lincoln ketika ia berusia 23 tahun, pulang dari perang dan mengajak temannya William Berry untuk membuka toko di New Salem, Illinois, di mana Lincoln mencari nafkah di sana dari 1831-1837.

Lincoln sendiri mulai aktif berpolitik sejak 1834, dan meninggalkan bisnis bar-nya untuk mendalami politik. Tahun 1837 ia pindah ke Springfield, dan 1860 mencalonkan diri sebagai Presiden AS.


George Weah, Liberia

Kali ini dari sektor olahrga, Liberia kini dipimpin oleh George Weah yang sebelumnya dikenal sebagai atlet sepakbola.

Bukan Mimpi, Tukang Mebel Sampai Pelawak Bisa Jadi Presiden! Foto: Presiden terpilih George Weah dari Koalisi untuk Perubahan Demokratis (CDC) berbicara selama wawancara dengan REUTERS di kediamannya di Monrovia, Liberia, 2 Januari 2018. REUTERS / Thierry Gouegnon


Dalam wawancara eksklusifnya pada Januari 2019, BBC menulis George Weah pernah dijuluki sebagai salah satu pemain bola kaki terhebat di dunia dan masih menunjukkan stamina luar biasa di usia 52 tahun.

Lahir tahun 1966, George Weah menjalani hidupnya di daerah kumuh di ibukota Liberia. Ia melanglang buana dari klub ke klub, hingga akhirnya dilirik oleh Arsene Wenger dan bermain untuk Monacco di 1987. Dari situ, ia kemudian menjadi pemain bola di klub ternama seperti AC Milan dan Chelsea.

Sebelum dilantik menjadi Presiden Liberia pada Januari 2018 lalu, George pada 2005 juga pernah ikut pilpres tapi gagal oleh lawannya.




Zuzana Caputova, Slovakia

Bagi Anda yang kini tak henti teriak dan berjuang untuk menegakkan isu-isu sosial dan lingkungan, jangan menyerah. Bisa jadi Anda calon pemimpin negara seperti Zuzana Caputova, yang kini resmi jadi Presiden Slovakia.

Bukan Mimpi, Tukang Mebel Sampai Pelawak Bisa Jadi Presiden! Foto: Presiden Slovakia Zuzazna Caputova. (REUTERS/David W Cerny)


Zuzana yang berusia 45 tahun ini baru saja terpilih, dan menjadi presiden wanita pertama di negeri tersebut. Sebelum masuk ke lingkaran pemerintahan, ia dikenal sebagai 'Erin Brokovich'-nya Slovakia. Yakni, aktivis sekaligus pengacara yang sangat concern dengan isu lingkungan.

Ibu tunggal dengan dua anak ini berhasil merebut 58% suara di pemilihan Presiden Slovakia, julukan 'Erin Brokovich' melekat di diriinya karena perjuangan tak henti selama 14 tahun di meja hijau melawan pebisnis yang menggunakan lahan di kampung halamannya secara ilegal.

Joko Widodo, Indonesia

Saat ini tengah sibuk bergulat untuk memenangkan Pemilihan Presiden yang berlangsung 17 April 2019 mendatang. Jokowi, panggilan akrabnya, dilantik menjadi Presiden Indonesia pada 2014 lalu.

Bukan Mimpi, Tukang Mebel Sampai Pelawak Bisa Jadi Presiden! Foto: Presiden Joko Widodo (Jokowi) (dok. Setkab)


Karier politiknya berjenjang, mulai dari Walikota Solo, Gubernur DKI Jakarta, hingga akhirnya menjadi Presiden Indonesia. Tapi, sebelum masuk ke politik Jokowi dikenal sebagai pengusaha mebel di tempat kelahirannya.

Lulusan Universitas Gajah Mada ini memulai usahanya sendiri pada 1988 dengan mendirikan CV Rakabu, diambil dari nama anak pertamanya. Usahanya naik turun, hingga akhirnya ia bisa mulai ekspor dan usahanya menjadi PT Rakabu dan pada periode 2000-an omzetnya bisa mencapai miliaran.




(gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading