Pembangunan MRT Jakarta Fase 2 Telan Rp 22,5 T

News - Bernhart Farras, CNBC Indonesia
24 March 2019 - 14:43
Pembangunan MRT Jakarta Fase 2 Telan Rp 22,5 T
Jakarta, CNBC Indonesia - Direktur Utama MRT (Moda Raya Terpadu) Jakarta William Sabandar mengatakan MRT Jakarta fase kedua sudah siap dibangun.

Hal itu ia sampaikan di sela-sela peresmian operasional MRT Jakarta fase pertama dengan rute Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia (HI) oleh Presiden Joko Widodo di Jakarta, Minggu (24/3/2019) pagi.



Dengan didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Gubernur Jakarta Anies Baswedan, dan William, Jokowi juga mencanangkan pembangunan fase kedua moda transportasi pertama di Indonesia itu.


"Fase kedua ada delapan stasiun, mulai dari Sarinah kemudian Monas, Harmoni, Sawah Besar, Mangga Besar, Glodok sampai ke Kota Tua," ujar William Sabandar di kawasan Bundaran HI.

Ia juga menerangkan bahwa integrasi dengan bangunan-bangunan sekitar MRT akan lebih maksimal salah satunya dengan membangun Kawasan Berorientasi Transit (TOD).

Proses pembangunan tersebut diperkirakan menghabiskan dana Rp 22,5 triliun.

Pembangunan MRT Jakarta Fase 2 Telan Rp 22,5 TFoto: infografis/infografis Segera Beroperasi, Mari Mengenal MRT Jakarta/Aristya Rahadian Krisabella

"Uangnya sudah ada ya. Sudah ada duit Rp 22,5 triliun," tambahnya. "Dananya kan macam-macam bisa dari APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) bisa dari pinjaman bisa dari macam-macam."

Saat ditanya tentang apakah masih membutuhkan pinjaman dari JICA (Japan International Cooperation Agency) yang pada fase pertama telah menjadi investor MRT, William mengatakan masih akan bekerja sama dengan lembaga asal Jepang itu.

"Masih lah. JICA ini sudah berkomitmen 231 KM, tinggal kita lihat saja bagaimana," tegasnya.

Dalam sambutannya, Jokowi meminta pemerintah provinsi DKI Jakarta segera membangun MRT yang menghubungkan arah timur dan barat Jakarta.



"Hari ini kita canangkan fase kedua ke utara. Tahun ini saya tadi perintahkan juga untuk memulai rute timur-barat tahun ini. Setuju ndak?" ujar Jokowi di Jakarta, Minggu (24/3/2019).

"Ini kita harapkan dalam 10 tahun 231 kilometer (jalur MRT) bisa kita selesaikan. Insya Allah, 10 tahun lagi," tegas Jokowi.

Dalam jangka waktu 10 tahun, dana yang dihabiskan untuk membangun MRT ditaksir bisa mencapai Rp 571 triliun (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading