Pesan Jokowi untuk Pengguna MRT: Antre dan Disiplin!

News - Chandra Gian Asmara & Bernhart Farras, CNBC Indonesia
24 March 2019 10:32
Pesan Jokowi untuk Pengguna MRT: Antre dan Disiplin!
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta fase 1 dengan rute Lebak Bulus - Bundaran Hotel Indonesia (HI), Minggu (24/3/2019).

Di sela-sela peresmian, Jokowi menitipkan pesan kepada para pengguna moda transportasi pertama di Indonesia itu. Setidaknya, ada dua pesan utama yang disampaikan kepala negara kepada pengguna MRT.



"Jangan buang sampah di MRT, stasiun MRT kita. Jaga agar MRT dan stasiun yang kita miliki tidak kotor. Sanggup?" tanya Jokowi di depan masyarakat yang menghadiri acara tersebut di Stasiun Bundaran HI, Minggu pagi.


Pesan kedua, Jokowi mengingatkan kepada masyarakat agar meninggalkan budaya lama, terutama pada saat mengantre moda transportasi publik. Ia tak ingin lagi mendengar para pengguna MRT berdesak-desakan dan saling serobot.

Pesan Jokowi untuk Pengguna MRT: Antre dan Disiplin!Foto: Peresmian MRT (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

"Kalau mau naik MRT, ngantre. Jangan berdesakan kayak seperti ini. Ngantre dan disiplin waktunya. Jangan sampai pintu mau tutup, baru mau masuk. Kejepit nanti," kelakar Jokowi.

"Jaga agar tetap bersih, stasiun dan MRT tidak kotor dan jangan buang sampah sembarangan. Budaya antre dan disiplin waktu," tegas Jokowi.



MRT Jakarta kini memiliki 71 masinis dan 350 tenaga kerja operasional. Jumlah penumpang diperkirakan mencapai 65.000 selama fase awal operasional dan akan ditingkatkan menjadi 130.000 per hari

Setelah diresmikan, MRT Jakarta akan mulai beroperasi pada Senin (25/3/2019) esok. Pada operasi 25 Maret 2019, MRT Jakarta masih dapat dinikmati gratis dengan cara mengisi data di pintu masuk, kata Direktur MRT Jakarta William Sabandar beberapa waktu lalu.

Baru kemudian pada 1 April 2019 MRT Jakarta beroperasi secara komersial. Meski begitu, besaran tarifnya masih belum diumumkan.


Saksikan video mengenai uji publik MRT Jakarta berikut ini.

[Gambas:Video CNBC]

(prm/prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading