Resmikan MRT Jakarta, Jokowi: Sebuah Peradaban Baru Dimulai

News - Bernhart Farras & Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
24 March 2019 10:04
Presiden Joko Widodo akhirnya meresmikan Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta, Minggu (24/3/2019) pagi.
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo akhirnya meresmikan Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta, Minggu (24/3/2019) pagi.

"Hari ini sebuah peradaban baru akan dimulai dengan dioperasikannya MRT fase pertama," ujarnya di Stasiun Bundaran Hotel Indonesia (HI). Turut mendampinginya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, dan Gubernur Jakarta Anies Baswedan.

"Ini adalah sebuah budaya baru karena merupakan yang pertama di negara Indonesia," kata Jokowi.


Fase pertama MRT ini melayani rute Lebak Bulus-Bundaran HI. Di saat yang sama, Presiden juga mencanangkan fase kedua yang merupakan rute Bundaran HI-Kota.


"Tahun ini tadi saya perintahkan juga untuk memulai yang rute timur-barat, east-west mulai tahun ini," ujarnya. Ia pun langsung meresmikan operasional fase pertama MRT yang beberapa hari terakhir telah diujikan ke publik.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim MRT fase pertama saya nyatakan dioperasikan dan sekaligus MRT fase kedua hari ini juga kita mulai lagi," tegasnya.

Resmikan MRT Jakarta, Jokowi: Sebuah Peradaban Baru DimulaiFoto: Peresmian MRT (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Setelah diresmikan, MRT Jakarta akan mulai beroperasi pada Senin (25/3/2019) esok. Pada operasi 25 Maret 2019, MRT Jakarta masih dapat dinikmati gratis dengan cara mengisi data di pintu masuk, kata Direktur MRT Jakarta William Sabandar beberapa waktu lalu.

Baru kemudian pada 1 April 2019 MRT Jakarta beroperasi secara komersial. Meski begitu, besaran tarifnya masih belum ditentukan.

Saksikan video uji publik MRT Jakarta berikut ini.

[Gambas:Video CNBC]


(prm/prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading