Wah, Warga Bantaran Cisadane Bisa Tukarkan Sampah jadi Emas

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
22 March 2019 16:52
Wah, Warga Bantaran Cisadane Bisa Tukarkan Sampah jadi Emas
Tangerang, CNBC Indonesia - Program bertajuk 'Giving Back to Nature' yang dipelopori PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) ternyata mendapat perhatian penuh dari Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M Soemarno.

Rini Soemarno bahkan meminta perusahaan BUMN lain turut merealisasikan program bersama di kawasan bantaran Sungai Cisadane, Tangerang. Rini pun menyebut satu-persatu perusahaan yang bisa bersinergi untuk membina masyarakat di sekitar wilayah kerjanya.

"Kota Tangerang ini dilewati sungai Cisadane sepanjang 12 km, maka bagaimana bikin target. Kita tahu keuntungan Angkasa Pura II Rp 1,7 triliun, Jasa Marga Rp 2,2 triliun, dan Pegadaian Rp 2,7 triliun. Lebih gede lagi," ungkap Rini dalam sambutannya di  peresmian Jasa Marga 'Giving Back to Nature', Jumat (22/3/2019).


Karena itu, dia mendorong agar Pegadaian turut membuka program pengumpulan sampah yang dapat ditukar dengan tabungan emas. Sebelumnya, Pegadaian memang memiliki desa binaan yang diasuh untuk pengumpulan sampah menjadi tabungan emas.


"Yang diterima pegadaian sampah plastik dan sampah kaleng. Ditimbang berapa, bisa langsung dapat buku tabungan emas," papar perempuan yang pernah menempuh studi di Wellesley College, Masschusetts, Amerika Serikat itu.

"Jadi sampah yang dikumpulkan bapak ibu sekalian bisa menjadi tabungan emas. Saya titip ke BUMN-BUMN, bagaimana kalau kita sama-sama mencanangkan edukasi center, bukan hanya Jasa Marga back to nature, tapi BUMN back to nature," lanjut Rini.

Saat dikonfirmasi usai acara tersebut, Rini menegaskan ucapannya bukan bualan belaka. Mantan Menteri Perindustrian dan Perdagangan itu menjelaskan, nanti ada satu kawasan yang dijadikan percontohan untuk sinergitas program BUMN.

"Sebagai percontohan akan dijadikan satu dengan program kita yang sudah ada, yaitu Pegadaian ada program bahwa sampah plastik dan kaleng ditukar dengan tabungan emas," paparnya.

Dia memberikan simulasi, pada tahap awal penukaran, warga akan diberi buku tabungan emas. Perhitungannya sesuai dengan jumlah sampah yang ditukar, namun dia tak menyebutkan angka pasti.

"Itu tanya Pegadaian ya ngitung-nya berapa. Tapi kan mereka ada buku. Mungkin permulaan dapat 0,1 gram. Setelah beberapa kali kalau sudah dapat 1 gram, mau ditukar jadi 1 gram emas bisa langsung dapat. Tapi kalau mau disimpan terus tabungannya ya bisa," pungkasnya.

Saksikan video tentang menteri perempuan kabinet Jokowi yang bergelimah prestasi di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading