Pasang Lampu Tenaga Surya, 10 Kota di Jabar Hemat Rp 8 M

News - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
19 March 2019 19:45
Adapun 50 titik baru ini merupakan bagian dari 2.230 titik untuk di 10 Kabupaten Kota seluruh Jawa Barat.
Jakarta, CNBC Indonesia - Penggunaan penerangan jalan umum tenaga surya (PJU-TS) diperkirakan dapat menghemat anggaran pemerintah daerah sebesar Rp 180 juta per tahun atau Rp 15 juta perbulan . Angka tersebut berdasarkan adanya 50 titik PJU-TS terbaru di Kabupaten Kuningan, Bandung, dan Indramayu.

Adapun 50 titik baru ini merupakan bagian dari 2.230 titik untuk di 10 Kabupaten Kota seluruh Jawa Barat. Jika satu titik bisa menghemat hingga Rp 300 ribu, maka keseluruhan PJU-TS bisa menghemat anggaran Rp 669 juta per bulan atau Rp 8,03 miliar per tahun.

Kepala Badan Penelitian Dan Pengembangan ESDM Dadan Kusdiana mengatakan dengan setiap titik PJU TS yang terpasang, diperkirakan bisa menghemat hingga Rp 300 ribu per bulan. Dengan menggunakan PJU-TS ini menurut Dadan akan menghemat anggaran dan diharapkan dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi daerah.


"Kami cek seluruh alatnya beroperasi dengan baik atau tidak, kita memastikan semua yang kita bangun sudah beroperasi dengan benar dan dipakai oleh masyarakat," ujar Dadan, Selasa (19/03/2019).

PJU-TS merupakan lampu penerangan jalan yang menggunakan cahaya matahari sebagai sumber energi listriknya dan terintegrasi dengan baterai. Lampu PJU-TS ini sangat cocok digunakan untuk jalan-jalan di daerah-daerah yang belum terjangkau oleh listrik PLN dan juga daerah-daerah yang mengalami krisis energi listrik terutama di daerah terpencil karena sifatnya yang berdiri sendiri.

Tahun lalu, ESDM melalui Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan Dan Konservasi Energi (Ditjen EBTKE) melaksanakan pemasangan PJU-TS di 26 Provinsi dan 167 Kabupaten Kota dengan jumlah PJU-TS sebanyak 21.839 Titik.

Di Provinsi Jawa Barat, pada tahun 2018 telah dibangun PJU-TS sebanyak 2.230 titik, yang tersebar di 10 Kabupaten Kota dengan 155 titik untuk Kabupaten Kuningan, Bandung dan Indramayu. Dia mengharapkan masyarakat penerima manfaat agar dapat mengelola dan memelihara infrastruktur penerangan PJU-TS ini sehingga pemanfaatannya dapat berjalan lebih panjang. Serta bisa mempercepat pengembangan perekonomian daerah tersebut.

"Saya juga mengharapkan infrastruktur-infrastruktur yang telah dan akan dibangun, dapat dikelola dan dipelihara oleh Pemda dan masyarakat, agar manfaatnya dapat bisa dirasakan oleh masyarakat dalam jangka waktu yang lama," tutup Dadan.

Saksikan Video PLTBĀ Terbesar di Indonesia

[Gambas:Video CNBC]


(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading