Jokowi: Ground Breaking MRT Jakarta Fase II Mulai Minggu ini

News - Samuel Pablo, CNBC Indonesia
19 March 2019 15:32
Jokowi: Ground Breaking MRT Jakarta Fase II Mulai Minggu ini
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau sekaligus menjajal moda raya terpadu (MRT) Jakarta, Selasa (19/3/2019). Berbicara di dalam kereta MRT Jakarta, Jokowi membicarakan banyak hal, termasuk rencana MRT Jakarta fase II (Bunderan HI-Kota).

"Nanti hari Minggu (24/3/2019) termasuk ground breaking fase berikutnya untuk selatan-utara sekaligus kita ingin percepat timur-barat (dari ujung Menteng di Jakarta Timur hingga Kalideres) di Jakarta Barat," ujarnya.





Sebagai informasi, proyek pengerjaan MRT Jakarta fase 1 telah dilakukan sejak Oktober 2013. Pada koridor 1 MRT Jakarta telah dibangun jalur kereta sepanjang 16 kilometer yang meliputi 10 kilometer jalur layang dan enam kilometer jalur bawah tanah.

Sebagian dari konstruksi jalur MRT Jakarta merupakan struktur layang yang membentang kurang lebih 10 kilometer dari wilayah Lebak Bulus hingga Sisingamangaraja. Dari rute ini, terdapat 7 stasiun layang, yaitu Lebak Bulus, Fatmawati, Cipete Raya, Haji Nawi, Blok A, Blok M dan Sisingamangaraja.

Sedangkan konstruksi bawah tanah MRT Jakarta membentang kurang lebih 6 kilometer, yang terdiri dari terowongan MRT bawah tanah dan enam stasiun MRT bawah tanah. Keenam stasiun bawah tanah tersebut, yaitu Stasiun Senayan, Istora, Bendungan Hilir, Setiabudi, Dukuh Atas, dan Bunderan HI.

Jokowi Sebut Ground Breaking MRT Jakarta Fase II Minggu ini Foto: Presiden RI Joko Widodo tinjau uji coba MRT Jakarta dengan para Menteri Kabinet Kerja. (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)


Lebih lanjut, Jokowi mengatakan, MRT merupakan moda transportasi yang sangat dibutuhkan kota-kota di Indonesia. Ia mengakui Indonesia terlambat membangun. Jangan sampai kota-kota lain juga terlambat.

"Seperti Palembang, kita ingin cobalah satu kota siapkan LRT, MRT, atau trem, karena ibu kota-ibu kota provinsi sudah mulai macet. Sebentar lagi kita akan lanjut percepat ke Bandung, Surabaya, Medan," kata Jokowi yang juga mantan gubernur DKI Jakarta tersebut.

Simak video terkait MRT Jakarta di bawah ini.

[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading