Akhirnya DKI Punya MRT, Jokowi: Ini Budaya & Peradaban Baru

News - Samuel Pablo, CNBC Indonesia
19 March 2019 15:09
Akhirnya, Indonesia memiliki moda transportasi berupa mass rapid transit (MRT) pertama, lokasinya di Jakarta.
Jakarta, CNBC Indonesia - Akhirnya, Indonesia memiliki moda transportasi berupa mass rapid transit (MRT) pertama, lokasinya di Jakarta. MRT awal ini menghubungkan Lebak Bulus dengan Bundaran Hotel Indonesia (HI) sepanjang 16 kilometer (km).

Hari ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi), menjajal MRT tersebut. Ini merupakan kali kedua Jokowi menjajal transportasi tersebut. Dia mengatakan, MRT ini menjadi budaya dan peradaban baru bagi masyarakat ibu kota.

"Yang terpenting adalah peradaban baru, membangun budaya baru, bagaimana mengantre, bagaimana masuk ke MRT dan tidak terlambat supaya nggak kejepit di pintu. Itu budaya baru, peradaban baru. Ini yang kita kenalkan sehingga masyarakat betul-betul tahu bagaimana MRT bergerak dari satu stasiun ke stasiun yang lain, dari satu titik ke titik yang lain," tutur Jokowi usai menjajal MRT tersebut.
Akhirnya DKI Punya MRT, Jokowi: Ini Budaya & Peradaban BaruFoto: Presiden RI Joko Widodo tinjau uji coba MRT Jakarta dengan para Menteri Kabinet Kerja. (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)





Dari Lebak Bulus menuju Bundaran HI, MRT ini akan melewati 13 stasiun, yakni 7 stasiun layang (Lebak Bulus, Fatmawati, Cipete Raya, Haji Nawi, Blok A, Blok M, dan Sisingamangaraja), serta 6 stasiun bawah tanah (Senayan, Istora, Bendungan Hilir, Setiabudi, Dukuh Atas, dan Bundaran Hotel Indonesia).

MRT Fase I ini memang ditargetkan untuk bisa beroperasi pertengahan Maret ini.

Simak video uji coba MRT Jakarta

[Gambas:Video CNBC] (wed/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading